PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN SEHARI HARI SEBAGAI MEDIA EDUKASI KONSEP GAYA DAN GERAK DI SDN ENDE 5
Keywords:
pengabdian kepada masyarakat, alat permainan gaya dan Gerak sekolah dasar pembelajaran kontekstual .Abstract
Tujuan Inti dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah sebagai Upaya untuk membantu guru dan siswa sekolah dasar dalam memahami dan mengajarkan konsep gaya dan Gerak secara lebih menyenangkan dan kontekstual. Melalui program ini tim pengabdian memperkenalkan dan melatihkan penggunaan alat permainan sehari-hari seperti, melemparkan bola dari bawah keatas dan gaya satu-satunya yang bekerja adalah gaya grafitasi,mendorong meja dan gaya yang dihasilkan adalah gaya gesek,karet gelang ditarik dan menghasilkan gaya elastis dan gaya otot,mengayu sepeda dan gaya yang dihasilkan adalah gaya pegas.Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Pemanfaatan Alat Permainan Sehari-hari Sebagai Media Edukasi Konsep Gaya Dan Gerak di SDN ENDE 5, dan pendampingan langsung dikelas,serta demonstrasi pembelajaran berbasis permainan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan antusiasme siswa SDN ENDE 5 dalam belajar. Dengan pendekatan ini pembelajaran menjadi lebih bermakna, menyenangkan, dan sesuai dengan lingkungan keseharian siswa. Program ini diharapkan menjadi model pemberdayaan sekolah dasar SDN ENDE 5 dalam mengembangkan pembelajaran berbasis kontekstual dan memanfaatkan sumber daya yang ada disekitar. Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan pada tanggal 16 Mei 2025. Ada beberapa bahan-bahan yang disiapkan diantaranya:baliho,konsumsi,alat peraga,hadiah (kado), cendra mata (piagam) dan ice breaking.Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi,analisis data,penyajian data dan penarikan Kesimpulan.Dari hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat seluruh mahasiswa mampu menganalisis serta member
References
Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hidayat, A. (2013). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyatno. (2014). Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 15–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Purnama Nduru, Maria Fransiska Moa, Maria Cindria anul, Marselina Semoga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.