LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN IPA DENGAN TEMA MENGENAL LISTRIK PINTAR MENUJU MASA ENERGI TERBARUKAN

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores
  • Maria Efransia Ndee Universitas Flores
  • Angelina Ratu Sani Universitas Flores
  • Emilia Monakatsu Klarita Imu Universitas Flores

Keywords:

Pengabdian kepada Masyarakat, Pembelajaran IPA Listrik Pintar Energi Terbarukan di Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilaksanakan di SDN Ende 05 ini bertujuan untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar melalui pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan tema "Mengenal Listrik Menuju Masa Energi Terbarukan". Program ini dirancang untuk memperkenalkan konsep dasar listrik serta membangun kesadaran akan pentingnya penggunaan energi terbarukan di masa depan. Kegiatan diawali dengan sesi ice breaking berupa permainan edukatif yang bertujuan untuk mencairkan suasana dan meningkatkan partisipasi aktif siswa. Selanjutnya, pembelajaran dilakukan secara interaktif dengan menggunakan alat peraga sederhana, seperti mistar plastik dan potongan kertas kecil, untuk mendemonstrasikan konsep listrik statis. Dalam praktiknya, mistar digosokkan pada rambut kering, kemudian didekatkan ke potongan kertas sehingga kertas tertarik ke mistar. Aktivitas ini membantu siswa memahami konsep muatan listrik dan gaya tarik-menarik dalam listrik statis secara konkret dan menyenangkan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap materi IPA serta tumbuhnya minat terhadap sains dan isu energi. Kegiatan PKM ini memberikan kontribusi positif dalam menumbuhkan literasi sains sejak dini dan menanamkan kepedulian terhadap keberlanjutan energi. Data yang dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam kegiatan PKM pada tanggal 16 Mei 2025 ada beberapa bahan yang disiapkan seperti konsumsi, alat peraga, hadiah, pemaparan video, ice breaking dan kata sambutan dari Kepala Sekolah. Dari hasil PKM seluruh mahasiswa mampu menganalisis serta memberikan edukasi dan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat menjadi kunci utama menjaga kelistrikan untuk generasi yang akan datang

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi IV). Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Departemen Pendidikan Nasional.

Fahrurrozi, M. (2018). Peningkatan Literasi Sains Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Eksperimen. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 152-160. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.12825

Rusman. (2017). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru (Edisi 2). Rajawali Pers.

Sari, D. P., & Putri, L. R. (2020). Implementasi Pembelajaran Listrik Statis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 45-52.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th ed.). McGraw-Hill. Yuliani, E., & Susanto, H. (2019). Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 23-30.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Adi Neneng Abdullah, Ndee, M. E., Sani, A. R., & Imu, E. M. K. (2025). LITERASI SAINS MELALUI PEMBELAJARAN IPA DENGAN TEMA MENGENAL LISTRIK PINTAR MENUJU MASA ENERGI TERBARUKAN . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1391–1397. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1190