PERKENALAN FAMILY MEMBERS MELALUI PENDEKATAN CREATIVE DENGAN BANTUAN MEDIA FAMILY TREE: PKM SDI WOLOWONA 2

Authors

  • Fransiska Aprilia Bhero Bhisa Universitas Flores
  • Agustina Pali Universitas Flores
  • Trivonia Cerliana Enem Universitas Flores
  • Velisita Fedha Universitas Flores
  • Yohanes Wegu Universitas Flores
  • Prisilya Candra Trhiandayani Bota Universitas Flores
  • Yoseph Moscati Nara Universitas Flores

Keywords:

Family members, Pendekatan Kreatif, PKM

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan secara luas di berbagai negara. Penguasaan bahasa Inggris sejak usia dini sangat penting untuk memperluas wawasan global serta mempersiapkan diri menghadapi tantangan zaman. Namun, masih banyak siswa sekolah dasar yang menghadapi kendala dalam mempelajari bahasa inggris, seperti yang ditemui pada peserta didik kelas IV di SDI Wolowona 2. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengenalkan dasar-dasar bahasa inggris melalui pendekatan komunikatif dengan metode pembelajaran tatap muka. Materi yang diajarkan berfokus pada tema Family Tree, yang merupakan latihan mengenal dan memperkenalkan anggota keluaraga dalam bahasa inggris. Pembelajaran didukung oleh meida papan bergambar pohon keluarga untuk memudahkan pemahaman konsep hubungan keluaraga dan kosakata yang relevan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penutup. Pada tahap pelaksanaan, siswa terlibat aktif dalam berbagai aktivitas seperti dialog perkenalan anggota keluarga, bermain peran, bernyanyi, serta sesi tanya jawab interaktif. Program ini diharapkan menjadi pijakan awal dalam menumbuhkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris di jenjang sekolah dasar.

References

Amaylia Harpenas, D., Weu, G., & Pali, A. (2025). Pengaruh motivasi belajar terhadap disiplin belajar peserta didik sd inpres puupau kecamatan nangapanda kabupaten ende. https://e-javascript:void(0)journal.uniflor.ac.id/index.php/sch

Fajri Annur, Y., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (n.d.) (2021). Pendidikan karakter dan etika dalam pendidikan.

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.

Inanda, O., Kahar, K., Pali, A., Henakin, S. T., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2024). Peningkatan hasil belajar english vocabulary melalui pemanfaatan media flash card pada peserta didik kelas iv sdi woloara. In JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah (Vol. 4, Issue 3). http://bajangjournal.com/index.php/JCI

Pali, A., Ota, M. K., Stusi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.) (2020). Pendampingan kegiatan fun with english pada serikat anak misioner (sekami) stasi st. Zakharia, keusukupan agung ende, flores, ntt.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Bhisa , F. A. B., Pali, A., Enem, T. C., Fedha, V., Wegu, Y., Bota, P. C. T., & Nara, Y. M. (2025). PERKENALAN FAMILY MEMBERS MELALUI PENDEKATAN CREATIVE DENGAN BANTUAN MEDIA FAMILY TREE: PKM SDI WOLOWONA 2. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1374–1382. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1188