PENGENALAN ENGLISH VOCABULARY DENGAN MEDIA GAMBAR SERI ROOSTERS EAT GRAINS DI SDI WOLOWONA 2

Authors

  • Agustina Pali Universitas Flores
  • Novianti Nara Dimu Universitas Flores
  • Petris Maria Orcin Nitu Universitas Flores
  • Elisabet Olun Werang Universitas Flores
  • Maria Incilia Helu Universitas Flores
  • Sisilia Ndimbu Universitas Flores
  • Yohanista Gelu Kwohon Universitas Flores
  • Marselinus Dapa Doi Universitas Flores

Keywords:

English vocabulary, Gambar Seri, Peserta Didik

Abstract

Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling umum dan penting di era revolusi industri 4.0 karena merupakan bahasa internasional. Pembelajaran Bahasa Inggris harus dimulai sejak dini dikarenakan akan ada peluang untuk mengakses dunia teknologi dan informasi jika peserta didik mahir berbicara dan menggunakan bahasa Inggris. Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang dimana terdapat vocabulary yang banyak sehingga perlu diajarkan pada peserta didik sejak berada di sekolah dasar. Pengajaran English vocabulary pada peserta didik bisa juga menggunakan media visual (gambar seri). Rangkaian gambar digunakan media pengajaran untuk mendorong peserta didik berbicara sehingga dapat memperbanayak vocabulary dalam bahasa inggris. Oleh karena dengan adanya pembelajaran bahasa inggris tidak hanya berhasil mengajarkan vocabulary baru, tetapi juga menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik

References

Alfaiz, A., Andre, J., Fahriza, I., Rachmaniar, A., Dartina, V., & Kadafi, A. (2023). Pembelajaran Yang Menyenangkan: Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 96. https://doi.org/10.25273/jta.v8i1.1399

Alfaiz, F., Sya, M. F., Yana, H., & Adisti, R. (2020). The Effectiveness of Using English Songs Improving Students’ Vocabulary Mastery. Journal of English Language Teaching and Learning, 1(2), 52-61.

Mahmud, N. E., Pali, A., Jani, F. F., Mbu, E. K., Hurint, M. E. S., & Mazing, M. Y. (2024). Fun With English Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Di Sdi Ende 9. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 207-216.

Prayatni, P. A. D. (2019). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Word Wall Media at the Seventh Grade Students of SMPN 4 Singaraja. (Skripsi). Ganesha University of Education, Singaraja, Indonesia.

Simatupang, G. E., Sinambela, R., Manurung, A. O. P., Anggraini, D. F., Purba, T. M., Herman, H., ... & Siahaan, S. H. (2023). Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar. Beru'-beru': Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 16-25.

Simatupang, Gracia Elizabeth, et al. "Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar." Beru'-beru': Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 2.1 (2023): 16-25.

Simatupang, Gracia Elizabeth, et al. Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar. Beru'-beru': Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2023, 2.1: 16-25.

Simatupang, Gracia Elizabeth, et al. Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris di Kelas 4 SD Swasta GKPS 2 Pematang Siantar. Beru'-beru': Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2023, 2.1: 16-25.

Simorangkir, S. V., Silalahi, M. C., Sinaga, E., & Simanjuntak, H. (2022). The Application of Crossword Puzzle on Students' Vocabulary Mastery at SMP Swasta Suka Dame. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(2), 64-69

Vitelli, K. D. (2018). Document 1: Franchthi Neolithic Pottery, Volume 1, 1, 223–248. https://doi.org/10.2307/j.ctv7xbrjm.4

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Pali, A., Dimu, N. N., Nitu, P. M. O., Werang, E. O., Helu, M. I., Ndimbu, S., Kwohon, Y. G., & Doi, M. D. (2025). PENGENALAN ENGLISH VOCABULARY DENGAN MEDIA GAMBAR SERI ROOSTERS EAT GRAINS DI SDI WOLOWONA 2 . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1366–1373. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1187