MEMBANGUN KESADARAN ANTI-BULLYING SEJAK DINI: SOSIALISASI EDUKATIF DI SDN 006 KELURAHAN TANAH MERAH SAMARINDA

Authors

  • Aldriawan Aldriawan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Sudadi Sudadi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Syaifulloh Al-kahfi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Devina Jamaliyah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nabila Azzahra Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Yuniarta Ramanda Pratiwi Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Aldi Nurrofiq Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Angel Fortuna S Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Roihanah Zahra Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rabiyatul Adawiyah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Keywords:

Bullying, Character Education, Elementary School, Community Service

Abstract

Bullying merupakan salah satu permasalahan sosial yang dapat mengganggu perkembangan psikologis dan akademik siswa sekolah dasar. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya Bullying, membangun empati, dan mengembangkan keterampilan komunikasi positif di lingkungan sekolah. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif melalui ceramah interaktif, diskusi, ice breaking, dan studi kasus sederhana. Kegiatan dilaksanakan pada 19 Juli 2025 di SDN 006 Kelurahan Tanah Merah Samarinda Utara dengan melibatkan 120 siswa dari kelas 1–6. Hasil kegiatan menunjukkan antusiasme tinggi dari peserta, terlihat dari keaktifan dalam diskusi dan kemampuan menjawab pertanyaan terkait Bullying. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya saling menghargai dan berani bersuara ketika menghadapi perilaku Bullying.

References

Darmawan, A., Suryani, L., & Fitriani, D. (2022). Bullying in elementary schools: Causes and prevention strategies. Journal of Child Psychology, 15(3), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/xxxx

Espelage, D. L., & Swearer, S. M. (2020). Bullying prevention and intervention: Realistic strategies for schools. Guilford Press.

Gaffney, H., Farrington, D. P., & Ttofi, M. M. (2021). Effectiveness of school-based programs to reduce Bullying perpetration and victimization. Campbell Systematic Reviews, 17(1), e1143. https://doi.org/https://doi.org/xxxx

Kemendikbud. (2022). Pedoman Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Olweus, D. (2013). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Wiley-Blackwell.

Rigby, K. (2020). Bullying Interventions in Schools: Six Basic Approaches. Australian Council for Educational Research.

Smith, P. K., & Jones, A. P. (2020). Understanding school Bullying: Its nature and prevention strategies. Sage Publications.

Smith, P. K., & Sharp, S. (2016). School Bullying: Insights and Perspectives. Routledge.

UI, T. P. S. A. (2023). Panduan Penanganan Bullying untuk Sekolah Dasar. Universitas Indonesia Press.

Wijaya, A. (2023). Pelatihan Guru sebagai Strategi Penurunan Angka Bullying. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 45–60.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Aldriawan, A., Sudadi, S., Al-kahfi , S., Jamaliyah, D., Azzahra, N., Pratiwi, Y. R., Nurrofiq, M. A., Fortuna S, A., Zahra, R., & Adawiyah, R. (2025). MEMBANGUN KESADARAN ANTI-BULLYING SEJAK DINI: SOSIALISASI EDUKATIF DI SDN 006 KELURAHAN TANAH MERAH SAMARINDA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1620–1627. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1169