EDUKASI SELF AWARENESS SEBAGAI SARANA MENGENALI POTENSI DAN TANTANGAN SANTRI MAAHAD TAHFIDZ AL-QUR'AN DARUL FALAH SUNGAI BESAR SELANGOR MALAYSIA
Keywords:
self awareness, Santri, Pendidikan IslamAbstract
Kesadaran diri (self awareness) merupakan pondasi utama dalam membentuk karakter santri yang utuh, baik secara spiritual maupun emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi edukasi self awareness dalam membantu santri Maahad Tahfidz Al-Qur’an Darul Falah Sungai Besar, Malaysia dalam mengenali potensi dan menghadapi tantangan pribadi. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan metode edukasi partisipatif yang menggabungkan penyuluhan dan diskusi kelompok terarah (focus group discussion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program edukasi self awareness yang melibatkan kegiatan muhasabah, diskusi terbimbing, serta penulisan jurnal pribadi memberikan dampak positif terhadap kemampuan santri dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri. Selain meningkatkan motivasi belajar, pendekatan ini juga membentuk sikap tanggung jawab dan kepercayaan diri dalam menghadapi dinamika kehidupan di pesantren. Temuan ini memperkuat pentingnya integrasi nilai-nilai kesadaran diri dalam sistem pendidikan Islam guna melahirkan generasi hafizhah yang tidak hanya unggul dalam hafalan, namun juga matang secara emosional dan spiritual.
References
Arifin, Z. (2020). Pendidikan Karakter Qur’ani dalam Membangun Kesadaran Diri Santri. Jurnal Pendidikan Islam Integratif, 4(2), 20–32.
Brown, K. W., Ryan, R. M., & Creswell, J. D. (2007). Mindfulness: Theoretical Foundations and Evidence for its Salutary Effects. Psychological Inquiry, 18(4), 211–237. https://doi.org/10.1080/10478400701598298
Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.
Ma’arif, M. A. (2019). Urgensi Self Awareness dalam Pendidikan Islam Perspektif Tasawuf. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 22–30. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i1.2617
Nurhayati, E. (2022). Metode Reflektif dalam Pendidikan Pesantren untuk Penguatan Kesadaran Diri. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 33–47.
Nurfadilah, R., et al. (2021). Self Awareness sebagai Modal Awal Pengembangan Diri Siswa di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya, 4(1), 1–10.
Rahmawati, F., & Sari, R. P. (2021). Peran Self Awareness dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Islam. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 212–225. https://doi.org/10.21831/jpk.v11i2.37011
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior (17th ed.). Pearson Education.
Saefudin, M. (2020). Pendekatan Self Awareness dalam Pembinaan Santri di Pesantren Modern. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Islam, 9(1), 55–66.
Setyaningsih, R. (2020). Strategi Meningkatkan Self Awareness Remaja di Pesantren. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 10(1), 14–26. https://doi.org/10.21043/ibki.v10i1.6440
Srivastava, A. K., & Banerjee, S. (2010). Emotional Intelligence, Self-awareness and Work Values Among Future Managers. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 36(1), 51–57.
Yulianti, N. (2021). Self Awareness dan Relasinya dengan Regulasi Diri Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 17(3), 185–198.
Zahro, L., Fatimah, A., & Mulyadi, D. (2022). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kesadaran Diri Santri Tahfidz. Jurnal Al-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(2), 45–58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Frysca Virnanda Retikasari, Wijayanti Dwi, Fitri Romadhona Nita, Syavira Sabaya, Esty Puji Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.