PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI TENTANG PENGGUNAAN OBAT YANG RASIONAL MELALUI EDUKASI DAGUSIBU DI PESANTREN PROF. DR. HAMKA II PADANG

Authors

  • Cindy Elvionita Universitas Baiturrahmah
  • Siska Ferilda Universitas Baiturrahmah
  • Elsa Marsellinda Universitas Baiturrahmah
  • Meiridha Mutiara Andania Universitas Baiturrahmah
  • Nurwahidatul Arifa Universitas Baiturrahmah
  • Rama Feriska Putra Universitas Baiturrahmah

Keywords:

DAGUSIBU, Islamic boarding school students, Health education, Rational drug use

Abstract

Penggunaan obat yang tidak rasional merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang masih sering terjadi di masyarakat, termasuk di lingkungan pesantren. Santri yang menjalani kehidupan secara mandiri rentan melakukan swamedikasi tanpa pengetahuan yang memadai. Edukasi DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang) Obat dengan Benar merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan literasi penggunaan obat yang aman dan bertanggung jawab. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan santri kelas VII di Pondok Pesantren Prof. Dr. Hamka II Padang tentang penggunaan obat secara rasional melalui metode edukatif dan interaktif. Metode yang digunakan meliputi pemaparan materi, kuis interaktif, sesi tanya jawab, dan diskusi kasus sederhana. Hasil pelaksanaan menunjukkan tingginya partisipasi dan antusiasme santri, serta peningkatan pemahaman terkait klasifikasi obat, cara penyimpanan yang tepat, dan pentingnya membaca informasi pada kemasan obat. Edukasi ini juga mendorong terjadinya perubahan perilaku awal pada peserta, seperti keinginan untuk menyebarkan informasi yang diperoleh kepada teman sebaya. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan edukatif berbasis komunitas pesantren efektif dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan remaja tentang penggunaan obat yang benar. Intervensi semacam ini diharapkan dapat direplikasi di pesantren lain sebagai upaya promotif dalam penguatan literasi kesehatan di kalangan remaja.

References

Cornwall, A., & Jewkes, R. (1995). What is participatory research? Social Science & Medicine, 41(12), 1667–1676. https://doi.org/10.1016/0277-9536(95)00127-S.

Elvionita, C., & Marsellinda, E. . (2024). Increasing Knowlegde about Medicine Through Dagusibu to Community In Koto Tangah Subdistrict – Padang. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4611–4615. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.21718

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Petunjuk teknis komunikasi, informasi dan edukasi dalam program Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat). Direktorat Bina Pelayanan Kefarmasian.

Nuryanti, R., Mulyati, N., & Fitriani, L. (2020). Pengaruh Edukasi DAGUSIBU terhadap Pengetahuan dan Sikap Masyarakat tentang Penggunaan Obat yang Benar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Farmasi, 2(1), 12–19. https://doi.org/10.33560/jpmf.v2i1.77.

Pratiwi, R. A., Wulandari, S., & Syahputra, A. (2020). Literasi penggunaan obat pada remaja di sekolah menengah. Jurnal Farmasi dan Kesehatan Indonesia, 8(1), 45–

https://doi.org/10.22437/jfki.v8i1.9823

Putri, A. D., Fajrin, N. R., & Safitri, N. A. (2021). Edukasi DAGUSIBU terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat di masa pandemi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Farmasi, 3(2), 91–96. https://doi.org/10.1234/jpkmf.v3i2.140

Rachmah, Q., & Widodo, W. (2021). Peningkatan literasi kesehatan melalui pendekatan edukatif berbasis komunitas di lingkungan sekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 13(1), 55– 63.

Rosenstock, I. M., Strecher, V. J., & Becker, M. H. (1988). Social learning theory and the Health Belief Model. Health Education Quarterly, 15(2), 175–

https://doi.org/10.1177/109019818801500203.

Saputri, M. E., & Lestari, I. (2020). Peningkatan pemahaman penggunaan obat melalui media edukatif pada siswa sekolah dasar. Jurnal Farmasi Komunitas, 4(1), 21–27.

Setyaningsih, L., & Hidayati, D. (2019). Peran apoteker dalam edukasi DAGUSIBU kepada masyarakat di lingkungan pesantren. Jurnal Farmasi dan Ilmu Kefarmasian Indonesia, 6(2), 123–130.

Susanti, H., & Permana, A. (2021). Pengaruh edukasi interaktif terhadap pengetahuan siswa tentang penggunaan obat bebas. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 9(1), 35–42.

Wulandari, S., & Apriyani, D. (2022). Peran remaja sebagai agen perubahan dalam edukasi DAGUSIBU di lingkungan sekolah. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (PKM), 4(3), 101–108.

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Elvionita, C., Ferilda, S., Marsellinda, E., Andania, M. M., Arifa, N., & Putra, R. F. (2025). PENINGKATAN PENGETAHUAN SANTRI TENTANG PENGGUNAAN OBAT YANG RASIONAL MELALUI EDUKASI DAGUSIBU DI PESANTREN PROF. DR. HAMKA II PADANG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1599–1609. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1164