PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI INVESTASI EMAS SEBAGAI LANGKAH BIJAK PERENCANAN KEUANGAN BAGI MASYARAKAT DUSUN LEMAHBANG

Authors

  • Khoirunnisak Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nugraeni Universitas Mercubuana Yogyakarta

Keywords:

Rencana Keuangan, Investasi, Emas

Abstract

Sifat konsumtif masyarakat harus dibarengi dengan perencanaan keuangan yang baik untuk mencapai kemerdekaan keuangan.  Perencanaan keuangan masarakat ini juga mengharuskan untuk menyisihkan dana untuk masa depan. Maka dari itu Investasi adalah cara yang tepat dalam perencanaan keuangan serta penyimpan nilai uang yang semain lama semakin menurun. Untuk masyarakat desa Lemahbang Karangasem Paliyan Gunungkidul sendiri dengan teknologi yang belum terlalu berkembang kesadaran masyarakat yang masih rendah, memotivasi pengabdi untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk berinvestasi. Investasi yang dipilih yaitu investasi emas dengan tingkat resiko dan tidak terlalu membutuhkan tekonologi dan pengetahuan yang tinggi dibanding dengan instrument investasi lain seperti saham obligasi dll. Dengan metode sosialisasi sederhana, masyarakat dapat dengan baik menerima pemaparan dalam pengabdian masyarkat serta dapat memotivasi untuk mengimplementasikan tujuan dari pengabdian masyarakat dengan baik.

References

Harahap, A. I., & Arini, L. (2022). Peningkatan Laba investasi Emas Dengan Cara Membeli Emas Tidak Bersertifikat Guna Menghadapi Masa Resesi. Jesya, 5(2), 2077–2083. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.627

Mappadang, A., & Sinaga, M. (2022). Pentingnya Perencanaan Keuangan Yang Cerdas dan Efektif Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 665–675. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17728

Nugraeni, N., Susilawati, I., & Paramitalaksmi, R. (2021). Pkm Batik Jumputan Mawar Jaya Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dasa Wisma Di Dusun Kunden Kelurahan Jogotirto. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 54–63.

Oemar, F., Salmiah, N., Adino, I., Wulandari, Y. T., & Kuning, U. L. (2023). Edukasi Pasar Modal Bagi Siswa Smk Global Pekanbaru. 4(1), 84–93.

Sina, P. G. (2014). Motivasi Sebagai Penentu Perencanaan Keuangan ( Suatu Studi Pustaka ). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 9(1), 42–48.

Umanailo, M. C. B., Nawawi, M., & Pulhehe, S. (2018). Konsumsi Menuju Konstruksi Masyarakat Konsumtif. Simulacra: Jurnal Sosiologi, 1(2), 203–211. https://doi.org/10.21107/sml.v1i2.4995

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Khoirunnisak, & Nugraeni. (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI INVESTASI EMAS SEBAGAI LANGKAH BIJAK PERENCANAN KEUANGAN BAGI MASYARAKAT DUSUN LEMAHBANG . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 621–626. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/116

Issue

Section

Articles