PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI INVESTASI EMAS SEBAGAI LANGKAH BIJAK PERENCANAN KEUANGAN BAGI MASYARAKAT DUSUN LEMAHBANG
Keywords:
Rencana Keuangan, Investasi, EmasAbstract
Sifat konsumtif masyarakat harus dibarengi dengan perencanaan keuangan yang baik untuk mencapai kemerdekaan keuangan. Perencanaan keuangan masarakat ini juga mengharuskan untuk menyisihkan dana untuk masa depan. Maka dari itu Investasi adalah cara yang tepat dalam perencanaan keuangan serta penyimpan nilai uang yang semain lama semakin menurun. Untuk masyarakat desa Lemahbang Karangasem Paliyan Gunungkidul sendiri dengan teknologi yang belum terlalu berkembang kesadaran masyarakat yang masih rendah, memotivasi pengabdi untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk berinvestasi. Investasi yang dipilih yaitu investasi emas dengan tingkat resiko dan tidak terlalu membutuhkan tekonologi dan pengetahuan yang tinggi dibanding dengan instrument investasi lain seperti saham obligasi dll. Dengan metode sosialisasi sederhana, masyarakat dapat dengan baik menerima pemaparan dalam pengabdian masyarkat serta dapat memotivasi untuk mengimplementasikan tujuan dari pengabdian masyarakat dengan baik.
References
Harahap, A. I., & Arini, L. (2022). Peningkatan Laba investasi Emas Dengan Cara Membeli Emas Tidak Bersertifikat Guna Menghadapi Masa Resesi. Jesya, 5(2), 2077–2083. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.627
Mappadang, A., & Sinaga, M. (2022). Pentingnya Perencanaan Keuangan Yang Cerdas dan Efektif Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 665–675. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17728
Nugraeni, N., Susilawati, I., & Paramitalaksmi, R. (2021). Pkm Batik Jumputan Mawar Jaya Melalui Pemberdayaan Masyarakat Dasa Wisma Di Dusun Kunden Kelurahan Jogotirto. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 54–63.
Oemar, F., Salmiah, N., Adino, I., Wulandari, Y. T., & Kuning, U. L. (2023). Edukasi Pasar Modal Bagi Siswa Smk Global Pekanbaru. 4(1), 84–93.
Sina, P. G. (2014). Motivasi Sebagai Penentu Perencanaan Keuangan ( Suatu Studi Pustaka ). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 9(1), 42–48.
Umanailo, M. C. B., Nawawi, M., & Pulhehe, S. (2018). Konsumsi Menuju Konstruksi Masyarakat Konsumtif. Simulacra: Jurnal Sosiologi, 1(2), 203–211. https://doi.org/10.21107/sml.v1i2.4995
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khoirunnisak, Nugraeni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.