PENYULUHAN KUALITAS PELAYANAN PADA UMKM TOKO PAKAIAN DI KELURAHAN KOTA BARU

Authors

  • Abdul Rahman Jannang Universitas khairun
  • Zulaiha Husen Universitas Khairun
  • Nurlaila Nurlaila Universitas Khairun

Keywords:

Kualitas pelayanan, toko pakaian

Abstract

Usaha toko pakaian merupakan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang memberikan konstribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Ternate. Namun perkembangan usaha toko pakaian ini masih cukup rendah, karena masih terdapatnya beberapa pengusaha pakaian tersebut belum memahami untuk memberikan pelayanan prima pada konsumen. Dengan demikian pelaksanaan PKM ini memberikan solusi tersebut, dengan cara memberikan pemahaman tentang pelayanan prima yang meliputi kualitas pelayanan, komunikasi yang efektif, kecepatan dan efisiensi, personalisasi, serta penggunaan teknologi. Pelayanan prima dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Konsumen yang merasa puas akan datang membeli kembali, membicarakan hal yang positif toko pakaian pada orang lain, serta dapat merekomondasikan pada orang lain untuk datang membeli. Dengan demikian, pelayanan prima dapat meningkatkan permintaan pakaian, sehingga mendorong pendapatan bagi pengusaha toko pakaian pada saat sekarang maupun pada waktu akan datang.

References

Abdul Rahman Jannang, Zulaiha Husen, Abdul Hadi Sirat, 2024. Sosialisasi dan pelatihan usaha kuliner yang higienis di kelurahan Dufa Dufa. Jurnal Pedimas Pasifik, Vol. 03, No. 02, E-ISSN: 2963-3206, Page: 68-75

Alisa Yuliana, Oni Yulianti, Ermy Wijaya, Aji Sudarsono, Lydia Gustina Putri, 2024. Penyuluhan Peningkatan Kualitas Pelayanan Prima Pada Toko Baju Tulip Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, Vol. 3 No. 2. page: 177–182. e – ISSN: 2829-6796

Hardilawati, W. laura, 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98

Nurmala, Tri Sinari, Ema Lilianti, Jusmany, Emilda, Aryo Arifin, Nurkadina Novalia, 2020. Usaha Kuliner Sebagai Penggerak UMKM Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal pengabdian kepada masyarakat, Aksi kepada masyaraka (AKM)t. Vol 3, No 1

Sahrupi, S., & Zulqornain, T. A., (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Dengan Metode Servqual Pada Pt. Media Purna Engineering Area Pt. Krakatau Steel (Persero) Tbk. Journal Industrial Manufacturing, 2(2), 39–49. https://doi.org/10.31000/ im.v2i2.625

Sitta Nurhajijah, Isti Riana Dewi, Rohadatul Aisy, (2021). Pengaruh kualitas pelayanan dan suasana toko terhadap kepuasan konsumen pada business centre SMKN 1 Lemahabang Cirebon. JIEB: Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis. Jilid 7 Nomor 2. Hal 212 – 223. ISSN Online 2615-2134. http://ejournal.stiepancasetia.ac. id/index.php/jieb

Vicky Fatur Rahman dan Agus Abdurrahman, 2024. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Toko Bangunan ”Sido Mulyo” Yogyakarta). Jurnal Bisnis Kreatif dan Inovatif. Vol. 1, No. 3. e-ISSN: 3046-9058, p-ISSN: 3047-0234, Hal 50-71. DOI: https://doi.org/ 10.61132/ jubikin. v1i3.339

Yetri Oktiva Sari dan Yanto Effendi, 2023. Sosialisasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Usaha UMKM Rumah Makan Nasi Padang Etek Yet di Dempo Raya. Jurnal Dehasen Mengabdi, Vol. 2 No. 2. page: 201–204. e-ssn: 2829-6796

Zulaiha, Abdul Rahman Jannang, 2023. Bisnis kuliner makanan dan minuman sebagai penggerak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Gambesi. Jurnal Pedimas Pasifik, Vol. 02, No. 02, e-ISSN: 2963-3206, Page: 64-71

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Jannang, A. R., Husen, Z., & Nurlaila, N. (2025). PENYULUHAN KUALITAS PELAYANAN PADA UMKM TOKO PAKAIAN DI KELURAHAN KOTA BARU. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(04), 1425–1432. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1130