PENERAPAN MEDIA VIDEO EDUKASI ANIMASI UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA PADA SISWA SDI ENDE 15

Authors

  • Nining Sariyyah Universitas Flores
  • Yosep Emanuel Kristian Kaha Universitas Flores
  • Olivia Putriana Aga Universitas Flores
  • Bernadini Dwi Herti Dobhe Universitas Flores

Keywords:

video animasi, konsep cahaya, pembelajaran IPA, sekolah dasar

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana efektivitas penggunaan media video animasi kelas IV SDI Ende 15 memahami konsep tentang cahaya. Topik tentang cahaya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sering dianggap sulit oleh peserta didik karena sifatnyayang abstrak dan kurang menarik karena disampaikan melalui penggunaan buku pelajaran semata. Oleh sebab itu, media video animasi ini dihadirkan sebagai solusi pembelajaran yang lebih menarik secara visual dan bersifat interaktif. Pembelajaran berbasis video ini juga dapat memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai dampak penggunaan media terhadap peningkatan pemaham siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi selama proses pembelajaran, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan dengan menayangkan video animasi edukatif yang menjelaskan sifat-sifat cahaya, kemudian dilanjutkan dengan praktikum sederhana untuk memperkuat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Visualisasi gerak dan warna dalam video membantu siswa memahami konsep-konsep abstrak seperti pemantulan, pembiasan, dan perambatan cahaya secara lebih konkret. Siswa menjadi lebih aktif dalam berdiskusi, antusias menjawab pertanyaan, dan menunjukkan pemahaman yang lebih baik.

References

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Berk, R. A. (2009). Multimedia teaching with video clips: TV, movies, YouTube, and mtvU in the college classroom. International Journal of Technology in Teaching and Learning, 5(1), 1–21.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.

Munir. (2012). Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Suyanto, E., & Asep, J. S. (2010). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yudhiantara, R., & Nasution, A. R. (2017). The use of animated video in teaching natural science: A case of fourth graders of elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 012164. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012164

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sariyyah, N., Kaha, Y. E. K., Aga, O. P., & Dobhe, B. D. H. (2025). PENERAPAN MEDIA VIDEO EDUKASI ANIMASI UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA PADA SISWA SDI ENDE 15. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1344–1349. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1103

Issue

Section

Articles