PENYULUHAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DENGAN MENGETAHUI LANGKAH-LANGKAH, PENCEGAHAN, DAN PENANGANAN DI SDN 25 KENDARI
Keywords:
mitigasi bencana, gempa bumi, penyuluhan, kesiapsiagaan, pendidikan dasar, InodnesiaAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang mitigasi bencana gempa bumi melalui penyuluhan di SDN 25 Kendari. Metode yang digunakan mencakup edukasi berbasis partisipatif dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan pre-test dan post-test, penyampaian materi, permainan edukatif, dan evaluasi hasil. Penelitian melibatkan 25 siswa kelas V dan menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada pengetahuan siswa setelah penyuluhan, dengan seluruh peserta mengalami peningkatan skor post-test. Simulasi evakuasi juga dilakukan sebagai bagian dari edukasi praktis. Kegiatan ini terbukti efektif dalam menanamkan kesadaran kesiapsiagaan bencana sejak dini dan mendorong terbentuknya budaya sadar bencana di lingkungan sekolah dasar.
References
Afiah, N., & Puspita, D. (2021). Peningkatan Pengetahuan Mitigasi Bencana Melalui Penyuluhan Kepada Anak usia Sekolah Dasar. Jurnal keperawatan Dan Kesehatan, 2(12), 85–92.
Dewi, D. J. K. (2022). Pentingnya Pembelajaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. Annual Conference on Islamic Early Childhood …, 6, 15–22.
Inayah, J., Fanani, A., & Utami, W. D. (2024). Klasterisasi Data Kejadian Gempa Bumi di Indonesia Menggunakan Metode K-Medoids. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 12(2), 271–276. https://doi.org/10.26418/justin.v12i2.73594
Karimuna, S. R., Rara, S. T., Amir, S. P., & Safitra, S. (2024). Sosialisasi Tanggap Bencana Gempa Bumi di SD Negeri 6 Kendari , Kota Kendari Tahun 2024 DOI : https://doi.org//10.54832/judimas.v3i1.512 Pendahuluan Sekolah Adalah Institusi Pendidikan Yang Menerima Siswa Dan Mengembangkan Mereka Untuk Mendapatkan Kemampuan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 232–243.
Nursalam, D. (2022). Efektifitas Penyuluhan Mitigasi Bencana Gempa BuminTerhadap Pengetahuan Siswa. Kesehatan Masyarakat, 2(2), 10–12.
Palupi, R. E. A., Herbanu, P. S., Riawati, D., Veronia, J. H., & Sihombing, M. B. (2023). Penyuluhan Pentingnya Komunikasi Saat Terjadi Bencana Gempa Bumi Di Lingkungan Sekolah. Hikmayo: Jurnal Pengabdian Masyarakat Amayo, 2(1), 77. https://doi.org/10.56606/hikmayo.v2i1.112
Qurrotaini, L., & Nuryanto, N. (2020). ). Implementasi pendidikan mitigasi bencana alam gempa bumi dalam pembelajaran IPS SD. Trapsila. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–44.
Ravi, M. (2025). Kesiapsiagaan Dinas Kesehatan Dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan Akibat Bencana Alam Di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara. 1–16.
Shalahuddin, I., Maulana, I., Pebrianti, S., & Eriyani, T. (2022). Efektifitas pendidikan kebencanaan terkait kesiapsiagaan penduduk di daerah rawan gempa: Studi literatur. Holistik Jurnal Kesehatan, 16(2), 128–141. https://doi.org/10.33024/hjk.v16i2.2079
Suryani, E., & Febrianto, R. (2023). Peningkatan Pengetahuan Siswa Melalui Edukasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Rabbani Karimuna, Siska Shafrianti Pratiwi Darman, Az yuyun, Selvi Safitri, Sri Muliani, Sitti Annisa Ibrahim, Chusnul Alya Triningrum, Andi Firman Ardiansyah, Muhammad Bagus Yahya, Mohamad Syawal, Muli yati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.