PELATIHAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS APLIKASI NOTEBLOC PADA MATERI PECAHAN DAN DESIMAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI FONTEIN I KOTA KUPANG
Keywords:
Bahan Ajar Matematika, Notebloc, Pecahan Dan Desimal, Hasil BelajarAbstract
Bahan ajar matematika berbasis aplikasi Notebloc pada materi pecahan dan desimal untuk siswa kelas V SD Negeri Fontein 1 Kota Kupang. Perlunya bahan ajar yang inovatif, interaktif, dan relevan dengan perkembangan teknologi, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi matematika yang sering dianggap sulit. Aplikasi Notebloc dipilih karena kemampuannya dalam mengorganisasikan catatan, gambar, dan tulisan tangan secara digital, yang memungkinkan penyajian materi yang lebih menarik dan mudah diakses oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pelatihan.
References
(Hasanah, 2020) Hasanah, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis STEM Pada Materi Bangun Ruang. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 91–100. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.582
Notebloc. (2023). Notebloc App – Scan, Save and Share Notes. Diakses dari https://www.notebloc.com
(Nahak, K., E., 2023) Nahak, K., E., N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengoptimalisasi Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV SD IMPRES Labat Kota Padang. Pandes: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 139–150.
Nitte, Y. M., & Bulu, V. R. (2020). Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar se-Kota Kupang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 38. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2326
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Kehi, Yulsy M. Nitte , Anjes Umbu Landu, Eltiana Odes, Florida Am’ isa , Maria Bani , Metriana Tae, Resti Batmaro, Yufri Manilaka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.