PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS AIR MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Authors

  • Yuliani Sepe Wangge Universitas Flores
  • Maria Yosevina Yovita Ga'a Universitas Flores
  • Simplisius Karlitos Du Universitas Flores
  • Maria Yolanda Embu No'o Universitas Flores

Keywords:

Siklus air, Media Video interaktif

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang konsep siklus air untuk siswa kelas tinggi di SDI Ende 15 melalui penerapan video pembelajaran interaktif. Kegiatan ini dilaksanakan diSDI Ende 15 dimana pesertanya terdiri dari siswa keasl IV dan kelas IV yang berjumlah 30 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, bermain dan kuis. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang konsep siklus air setelah diterapkan video pembelajaran interaktif.

References

Subhan, Muhammad. "Media Penelitian dan Pengembangan Potensi Air." (2000).

Afrianti, E., Kusen, K., & Rahmadeni, F. (2023). Pendekatan Saintifik Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa di SDN 51 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Limiansih, K., Sulistyani, N., & Melissa, M. M. (2024). Persepsi guru SMP terhadap literasi sains dan implikasinya pada pembelajaran sains di sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 786-796.

Pratiwi, I. (2021). IPA untuk Pendidikan guru sekolah dasar (Vol. 1). umsu press.

Firdaus, M. L. (2017). Oseanografi: pendekatan dari ilmu kimia, fisika, biologi, dan geologi. Penerbit LeutikaPrio.

Kiswanto, H. (2022). Fisika Lingkungan: Memahami Alam dengan Fisika. Syiah Kuala University Press.

Sahara, N. I. M. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA SIKLUS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI KELAS V SD NEGERI 70 BANDA ACEH (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).

Asih, V. W. S., Sari, L. F., Naily, A. I., Fitriana, Z., Setyanto, B. A., & Ratnasari, Y. (2024). Analisis Praktikum Siklus Air Menggunakan ESBAGARA. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 4(2), 101-110.

Sari, Y. N. (2021). Penggunaan media pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran tematik materi IPA tentang siklus air kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 153-165.

Fadjarajani, S., Hadi, M. I., Hamzah, A., Hapsari, R. P. D., Yanto, O., Diba, D. F., ... & Suharyati, H. (2021). Dosen Penggerak dalam Era MBKM. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

https://www.sciencealert.com/leonardo-da-vinci-was-ahead-of-his-time-in-engineering-maths-and-art?utm_source=chatgpt.com

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Wangge, Y. S., Ga’a, M. Y. Y., Du, S. K., & No’o , M. Y. E. (2025). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SIKLUS AIR MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1287–1297. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1096

Issue

Section

Articles