PENERAPAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM PENGUATAN KONSEP ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
media video, energi, perubahan energi, pembelajaran sains, sekolah dasarAbstract
Penanaman konsep energi dan perubahannya sejak dini sangat penting untuk membangun pemahaman ilmiah dasar dan kesadaran akan pentingnya penggunaan energi secara bijak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media video pembelajaran sebagai alat bantu dalam memperkuat pemahaman siswa sekolah dasar terhadap konsep jenis-jenis energi dan perubahannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif partisipatif melalui penayangan video interaktif yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Subjek kegiatan adalah siswa kelas V dan VI di sekolah SDI ENDE 15 di Kabupaten Ende. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan media video mampu meningkatkan minat belajar, memperjelas pemahaman konsep, serta mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Evaluasi dilakukan melalui kuis ringan dan pengamatan perilaku siswa dalam menanggapi materi yang disampaikan. Temuan ini mendukung bahwa media visual dan auditori seperti video merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam membangun pemahaman konseptual, khususnya pada materi sains dasar seperti energi dan perubahannya.
References
Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584
Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang.
JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif
pembelajaran IPA kelas V.
Pebriani, C. (2017). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21.
https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.
Efendi, Moch Yusuf, Tommy Tanu Wijaya, Mahmud Alpusari, dan Neni Hermita. 2020.
“Student Mental Model on Energy Concept in Elementary School Students” 8: 8528
https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082663.
Efendi, Moch Yusuf, Tommy Tanu Wijaya, Mahmud Alpusari, dan Neni Hermita. 2020.
“Student Mental Model on Energy Concept in Elementary School Students” 8: 8528
https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082663.
Handayani, N. L. P. A. E., Bayu, G. W., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Media Video Pembelajaran pada Muatan IPA Topik Perubahan Energi. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(3), 420-426.ResearchGate+1Undiksha E-Journal+1
Putri, R. E., Alpusari, M., & Guslinda. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Hemat Energi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3271-3277.JPTAM+1eJournal UMMUBA+1
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional Media and Technologies for Learning. Pearson Education.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuliani Sepe Wangge, Adelia Jen Gijung, Rikardus Jemadu, Natalia Lestari Kalo Gadho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.