KONSEP PENERAPAN KLASIFIKASI ZAT MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN DI SDI ONEKORE 6
Keywords:
zat, perubahan wujud, edukasi, pengabdian masyarakat, SDAbstract
Zat merupakan materi yang memiliki massa dan menempati ruang. Dalam pembelajaran IPA, pemahaman mengenai wujud zat (padat, cair,gas) dan perubahan wujud (mencair,membeku, menyemblim, menguap, mengembun,dan mengkristal) sangat penting untuk dikenalkan sejak usia dini( Purba, 2015) .kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SDI Onekore 6 Kabupaten Ende melalui edukasi langsung, demonstrasi, dan diskusi interaktif. Metode pelaksanaan mencakup pendekatan ceramah, tanya jawab, dan eksperimen sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu menyebutkan contoh wujud zat dan jenis perubahan wujudnya dengan baik. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan kontekstual dan interaktif efektif dalam meningkatkan literasi sains pada siswa sekolah dasar.
References
Brady, J. E., & Senese, F. (2009). Chemistry: Matter and Its Changes. Wiley.
Chang, R., & Goldsby, K. A. (2016). Chemistry (12th ed.). McGraw-Hill Education.
Depdiknas. (2008). Modul Pembelajaran IPA SD Kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expand
ed Sourcebook. SAGE Publications.
Purba, M. (2015). IPA Terpadu untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
Siahaan, R. (2021). “Pembelajaran Perubahan Wujud Zat di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 223–229.
Zumdahl, S. S., & Zumdahl, S. A. (2014). Chemistry (9th ed.). Cengage Learning
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Elsiana Deno Kolly, Felmy Ariyanty Bouk , Veronika Ica Lani, Christian Weni Roni, Natalia Alexia Ndara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.