MENGENAL CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MELALUI PEMBELAJARAN IPA DI SDI ONEKORE 6 ENDE
Keywords:
pembelajaran IPA, benda dan sifatnyaAbstract
Pemahaman tentang cahaya dan sifat-sifatnya merupakan bagian penting dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat sekolah dasar. Di SDI Onekore 6 Ende, siswa dikenalkan dengan konsep cahaya melalui kegiatan pengamatan dan praktik langsung yang dikaitkan dengan pengalaman sehari-hari. Proses pembelajaran mencakup sifat-sifat dasar cahaya, seperti kemampuannya merambat lurus, dipantulkan oleh permukaan, serta menembus benda tertentu. Dengan mengaitkan konsep ini pada situasi nyata—seperti bayangan, cermin, serta benda bening dan tidak tembus cahaya—siswa dapat lebih mudah memahami bagaimana cahaya bekerja dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pendekatan kontekstual ini mendorong rasa ingin tahu, berpikir kritis, dan partisipasi aktif siswa di kelas, serta membantu mereka menerapkan pengetahuan ilmiah secara bermakna dalam kehidupan.
References
Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hidayat, A. (2013). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suyatno. (2014). Strategi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 15–21.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Yulianti, D. (2015). Pemahaman Konsep Sifat Cahaya Melalui Eksperimen Sederhana di SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 89–96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wenderlina Oy, Klotilda Flonia Tidha, Olivia Putri Wuru, Yuliana Ine Mere, Triardila Barek Reta, Natalia Nggara, Bertolomeus Woda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.