PEMANFAATAN METODE LOOK AND SAY DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR KATOLIK MBOMBA

Authors

  • Yunita Bupu Universitas Flores
  • Maria Angelina Tiza Universitas Flores
  • Delfina Susa Ea Angi Universitas Flores
  • Ansila Elda Lero Universitas Flores
  • Farsianus Panu Pili Universitas Flores

Keywords:

metode look and say, kosakata

Abstract

Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan pengabdian yang melibatkan dosen dan dan mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Flores. Sebanyak 1 orang dosen pembimbing dan 5 orang mahasiswa turut serta dalam kegiatan pengabdian ini. Mahasiswa tersebut yaitu mahasiswa semester 6. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dibagi peran masing-masing ada yang berperan dalam memberikan materi, pemandu ice breaking dan sebagai fofografer. Dengan menggunakan metode look and say di bawah tema “English for Fun with Elementary School Student” pada siswa kelas 2 SDK Mbomba kegiatan ini memberi ruang untuk siswa agar dapat belajar dalam pembelajaran yang menyenangkan. Manfaat dari kegiatan ini antara lain meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris, khususnya nama-nama buah, melatih pelafalan yang tepat, serta menumbuhkan minat dan semangat belajar siswa dalam suasana yang menyenangkan. Respon siswa terhadap metode ini juga sangat positif, karena mereka merasa lebih mudah memahami dan mengingat kosakata baru.

References

Marzona, Y., Astria, W. J., Yusuf, F. M., Husna, L., Suri, E. M., & Franchisca, S. (2023). PKM Pembelajaran Bahasa Inggris “Fun & Communicative English” untuk Siswa SMK Pelayaran Padang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5045-5050.

Di, T. K. M. B. A., & Kota, M. A. J. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Picture and Picture, kemampuan membaca.

Asyifa, H. (2022). STUDENTS’PERCEPTION ON THE USE OF BRITISH PARLIAMENTARY DEBATE METHOD TO IMPROVE SPEAKING ABILITY OF FLAT DEBATE CENTRE STUDENT AT UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Anjar, F. H. (2022). THE USE OF FLASH CARD FOR TEACHING VOCABULARY IN THE 3rd GRADE OF MUHAMMADIYAH ELEMENTARY SCHOOL PURWOKERTO (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Bupu, Y., Tiza, M. A., Angi, D. S. E., Lero , A. E., & Pili, F. P. (2025). PEMANFAATAN METODE LOOK AND SAY DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR KATOLIK MBOMBA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1197–1202. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1086

Issue

Section

Articles