PKM PEMBELAJARAN GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN VIDEO EDUKASI YANG MENYENANGKAN UNTUK MENIGKATKAN MINAT BELAJAR SD

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores
  • Maria Risdolin Lea Universitas Flores
  • Kristoforus Jegaut Kabut Universitas Flores

Keywords:

Media Belajar, Video Edukasi, Gaya dan Gerak, Motivasi

Abstract

Dalam dunia pendidikan dasar, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sangat penting untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Salah satu materi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dapat dikembangkan melalui metode yang menarik adalah materi "Gaya dan Gerak". Materi ini mencakup konsep-konsep dasar tentang bagaimana benda bergerak dan apa yang memengaruhi gerak tersebut, yang sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.Namun, penyampaian materi gaya dan gerak sering kali terasa abstrak bagi siswa sekolah dasar, terutama jika hanya disampaikan melalui ceramah atau buku teks. Untuk itu, penggunaan media pembelajaran yang menarik seperti video edukasi dapat menjadi solusi yang efektif.

References

Allutfia, F. T., & Setyaningsih, M. (2023). ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENGHADAPI KURIKULUM MERDEKA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV. AoEJ:

Academy of Education Journal, 326-338. From https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/1656

Kartikasari, C., Hidayat, S., & Rusdiyani, I. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI VIDEOSCRIBE MATERI GAYA DAN GERAK MATA

PELAJARAN IPA. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1-11.

Meilisna, Misnah, Ratu, B., Iskandar, Nurwahyuni, & Elfira, N. (2024). PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL ILMU PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH, 17-23.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. D., Saputra, A. A., Zamzami, & Ninasari, A. (2023).

Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 732-741.

Setiyawati, N., Milianti, Septiani, U. R., & Titin. (2023). Analisis Pengembangan Rancangan Pembelajaran dengan Pendekatan Ubd. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), 170-174.

Agustina, Maya. "Peran laboratorium ilmu pengetahuan alam (ipa) dalam pembelajaran ipa madrasah ibtidaiyah (mi)/sekolah dasar (sd)." At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam (2018): 1-10.

Sari, M. Y., Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS BUDAYA LAMPUNG PADA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 15(1), 26-38.

Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA: konsep dan aplikasinya. UPI Press.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Putri, A. I. V., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan video edukasi kartun animasi materi siklus air untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377-387.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Adi Neneng Abdullah, Lea, M. R., & Kabut, K. J. (2025). PKM PEMBELAJARAN GAYA DAN GERAK MENGGUNAKAN VIDEO EDUKASI YANG MENYENANGKAN UNTUK MENIGKATKAN MINAT BELAJAR SD. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1164–1170. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1083

Issue

Section

Articles