MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUIKEGIATAN ICE BREAKING YANG MENYENANGKAN
Keywords:
Motivasi belajar, ice breaking, sekolah dasar, partisipatif, SDK NangakeoAbstract
Kegiatan pembelajaran di tingkat sekolah dasar memerlukan pendekatan yang menyenangkan agar siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Dalam pelaksanaannya, masih ditemukan siswa yang pasif, mudah bosan, dan tidak fokus saat proses belajar berlangsung. Untuk itu, perlu adanya intervensi berupa kegiatan yang mampu membangkitkan semangat dan antusiasme siswa. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 dan 5 SDK Nangakeo melalui kegiatan ice breaking yang menyenangkan. Metode yang digunakan adalah partisipatif dan interaktif, dengan melibatkan siswa secara langsung dalam kegiatan ice breaking seperti: Aram Sam Sam, Tepuk Semangat Dang Ding Dung, dan Tangan Diputar-putar. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif, ceria, dan fokus dalam mengikuti pelajaran. Guru-guru pun menyambut baik kegiatan ini dan menyatakan bahwa metode ini dapat dijadikan sebagai strategi pembelajaran yang menyenangkan di kelas.
References
Arianti, A. (2018). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.
Lubis, H. Z., Sejati, I. S., Fadillah, R., Safira, L., & Aminah, S. (2025). Bermain Ice Breaking dalam Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 163-173.
Rahmah, I. N. (2021). Implementasi Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Terhadap Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Kemuhammadiyahan Di Sd Muhammadiyah Condongcatur.
Maulani, R., Masnun, M., & Jaelani, A. (2020). Konsep Peningkatan Motivasi Belajar Pada Anak Lamban Belajar Pada Usia SD/MI. UNIEDU: Universal Journal of Educational Research, 1(2), 101-115.
Muin, N., Martini, M., & Leo, R. D. (2024). Pelatihan Penilaian Formatif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 13 Maros. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 43-57.
Safitriana, G., Hakim, P. A., & Syafitri, S. (2025). Menyelidiki Manfaat Ice Breaking Terhadap Fokus Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 4(1), 16-23.
Pramestuti, N. A., & Oriza, I. I. D. (2022). EFEKTIVITAS ACCEPTANCE COMMITMENT GROUP THERAPY BERBASIS DARING TERHADAP INSOMNIA PADA DEWASA AWAL SELAMA PANDEMI COVID-19. Optimalisasi Personal dan Social Capital Bagi Peningkatan Well-Being di Era Pandemi COVID-19, 118.
Sepriadi, S. Si. Model permainan bagi kebugaran jasmani siswa Sekolah Dasar. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers, 2023.
Nashihin, H. (2017). Pendidikan karakter berbasis budaya pesantren. Formaci.
Santi, Tri, Deri Wanto, and Karliana Indrawari. Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Sdn 40 Rejang Lebong. Diss. IAIN Curup, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Neneng Abdullah, Elisabeth Api, Noviliani Mesa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.