PKM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SD TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Adi Neneng Abdullah Universitas Flores
  • Registha Anastasia Pase Universitas Flores
  • Maria Aurelia Putri Bela Universitas Flores

Keywords:

pembelajaran berbasis proyek, video pembelajaran, pencemaran lingkungan, siswa sekolah

Abstract

Masih kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pencemaran lingkungan. Karena penyampaian materi cenderung bersifat teoritis dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu, kurangnya media pembelajaran yang menarik dan tidak adanya keterkaitan langsung antara materi dengan lingkungan sekitar siswa membuat mereka kesulitan memahami dampak nyata dari pencemaran lingkungan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap pencemaran lingkungan melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan dengan video pembelajaran.  Metode pelaksanaan kegiatan meliputi observasi awal, pembuatan media video, pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek, dan evaluasi hasil pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa secara signifikan, ditunjukkan melalui peningkatan nilai evaluasi dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Video pembelajaran yang dikembangkan mampu memvisualisasikan materi secara konkret dan menarik, sehingga mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan sejak dini.

References

Indonesia, P. R., & Nusantara, W. (1997). Undang Undang No. 23 Tahun 1997 Tentang:

Pengelolaan Lingkungan Hidup. Lembar Negara RI Tahun,(3699).

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2022). SLHI_2022_upload_final_77f9948571.

In Laporan Status Lingkungan Hidup Indonesia 2022 olh Kementrian Lingkungan Hidup

dan Kehutanan Republik Indonesia .

Mayer, Richard E. (2009). Multimedia Learning. New York: Pustaka Pelajar. Cambridge

University Press

Schunk Dale, Learning Theories an Educational Perspective. Terj. Eva Hamida dan Rahmat

Fajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012). Hal 320

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2017). Pengembangan video pembelajaran IPA pada materi

pencemaran dan kerusakan lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian

Journal of Science Education), 5(2), 108-114.

Sihombing, A., Syahfitri, N. A., Yana, R., & Harefa, M. S. (2023). Strategi Pengendalian Masalah Aktivitas Masyarakat Pesisir Pantai Cermin Akibat Pencemaran Lingkungan. J-CoSE: Journal of Community Service & Empowerment, 1(1), 34-43.

Indonesia, P. R., & Nusantara, W. (1997). Undang Undang No. 23 Tahun 1997 Tentang: Pengelolaan Lingkungan Hidup. Lembar Negara RI Tahun,(3699).

Lina, V. B., Alus, K., Kelen, R. N. S., Glezen, N., Sabaan, J., & Wuwur, M. M. W. (2024). KEGIATAN SOSIALISASI MELALUI PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SDK ROWOREKE 2. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1322-1328.

Lina, V. B., Alus, K., Kelen, R. N. S., Glezen, N., Sabaan, J., & Wuwur, M. M. W. (2024). KEGIATAN SOSIALISASI MELALUI PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SDK ROWOREKE 2. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1322-1328.

Lina, V. B., Alus, K., Kelen, R. N. S., Glezen, N., Sabaan, J., & Wuwur, M. M. W. (2024). KEGIATAN SOSIALISASI MELALUI PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SDK ROWOREKE 2. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(04), 1322-1328.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Adi Neneng Abdullah, Pase, R. A., & Bela, M. A. P. (2025). PKM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SD TERHADAP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1149–1157. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1081

Issue

Section

Articles