EDUKASI KONSEP BUNYI MELALUI VIDEO ANIMASI UNTUK SISWA SDI ENDE 15
Keywords:
motivasi belajar, video edukasi, konsep bunyiAbstract
Pembelajaran konsep bunyi dalam mata pelajaran sains sering menjadi tantangan bagi siswa sekolah dasar karena sifatnya yang abstrak dan membutuhkan pemahaman konseptual yang mendalam. Untuk mengatasi hal ini, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di SDI Ende 15 dengan tujuan meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa melalui media video pembelajaran interaktif. Kegiatan ini mencakup tahapan penyusunan dan seleksi video yang sesuai, diskusi bersama guru, serta implementasi di kelas. Video yang digunakan dirancang dengan animasi dan narasi yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa. Hasil pelaksanaan menunjukkan peningkatan minat dan keterlibatan siswa. Mereka tampak lebih fokus, aktif bertanya, dan antusias selama pembelajaran. Guru juga memberikan tanggapan positif karena media video dianggap membantu siswa memahami materi lebih cepat dibandingkan metode ceramah.Kesimpulannya, media video pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa sekolah dasar pada materi gaya dan gerak. Media ini menjembatani konsep abstrak dengan pengalaman belajar yang konkret dan menyenangkan. Oleh karena itu, penggunaan media visual seperti video layak untuk terus dikembangkan dalam pembelajaran sains di tingkat dasar.
References
Rizki, E. K. (2022). Penggunaan Media Animasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Bunyi di SD Negeri 25 Sabungan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. https://etd.uinsyahada.ac.id/7752
Putra, D. A., et al. (2024). Pemanfaatan Video Animasi sebagai Sarana Peningkatan Motivasi Belajar di Sekolah Dasar. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 42–49. https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/nusra/article/download/3327/3261/18250
Pradana, S. (2025). Efektivitas Penggunaan Video Animasi sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Transformasi Pendidikan Dasar, 1(1), 33–39. https://synergizejournal.org/index.php/JTPD/article/download/48/42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Virgilius Bate Lina, Maria Hestina Jendo, Martinus Lama Lewa, Yasinta Fani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.