PENGENALAN PEMANFAATAN ENERGI SECARA EFISIEN KEPADA SISWA SD MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN
Keywords:
Pemanfaatan Energi, Video PembelajaranAbstract
Penggunaan energi yang efisien merupakan langkah penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak negatif dari pemborosan energi. Oleh karena itu, penanaman nilai-nilai efisiensi energi sejak usia dini sangatlah penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan konsep pemanfaatan energi secara efisien kepada siswa Sekolah Dasar (SD) melalui media video pembelajaran. Media video dipilih karena mampu menyampaikan informasi secara visual dan menarik, sesuai dengan karakteristik belajar anak usia SD. Metode yang digunakan meliputi perancangan video edukatif yang berisi materi tentang jenis-jenis energi, cara penggunaannya, serta upaya penghematan energi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami konsep efisiensi energi dan menunjukkan ketertarikan serta sikap positif terhadap penerapan penghematan energi. Dengan demikian, media video pembelajaran terbukti efektif sebagai sarana edukasi dalam membentuk kesadaran siswa terhadap pentingnya pemanfaatan energi secara efisien.
References
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Depdiknas. (2008). Panduan Efisiensi Energi di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hamzah, B. Uno. (2011). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prawiro, S. (2020). “Pemanfaatan Media Video dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 115-123.
Suyanto, M., & Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi Erlangga.
Utami, D. W. (2021). “Penerapan Pembelajaran Energi Terbarukan pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Interaktif.” Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 45-54.
Widodo, S. (2020). Energi dan Lingkungan: Edukasi untuk Anak. Yogyakarta: Deepublish.
Yusri, M., & Rahmawati, D. (2019). “Efektivitas Media Video dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi pada Siswa SD.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 32-40.
Haryono, I. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(3), 45-58.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Rini Elinda Putri dkk. (2023). Pengembangan Media Video Animasi.
Shifa Malihatuzzahra (2024). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Video.
Yudi Hasrat (2022). Media Video pembelajaran pada Materi pemanfaatan Energi untuk Siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yohana Nono, Elin Febriana Ndui, Aldianus Evra, Ovantiana Mara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.