AT CICI'S FARM: BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN GEMBIRA UNTUK ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Arafat Universitas Flores
  • Carysa Melinda Moi Universitas Flores
  • Yohanes Baptista Nggori Universitas Flores
  • Matilde Ririn Wulan Universitas Flores
  • Klementia Fitri Ndae Universitas Flores

Keywords:

pembelajaran bahsa inggris, model picture-picture, anak sekolah dasar

Abstract

Pembelajaran bahasa inggris merupakan hal penting dalam meningkatkan kemampuan peserta didik  sekolah dasar dalam berbahasa asing. Namun,siswa sering mengalami kesulitan dalam memehami dan mengingat kosakata jika proses pembelajaran dilakukan secara pasif dan konvensional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengenalkan kosakata bahasa inggris yang berkaitan dengan nama-nama hewan ternak melalui model picture-picture pada peserta didik sekolah dasar dengan tema”AT CICI’S FARM”.Hasil kegiatan menunjukan bahwa model picture-picture dapat membantu peserta didik mengenal dan memahami kosakata bahasa inggris secara visual dan menyenangkan. Peserta didik menunjukan antutiasme dan ketertarikan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,dalam hasil evaluasi menunjukan bahwa peserta didik dapat memahami dan mengingat kosakata dengan baik

References

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.> Menjelaskan pentingnya pengenalan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sejak usia dini.

Cameron, L. (2001). Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press.> Menekankan pentingnya metode kreatif dan menyenangkan dalam pembelajaran bahasa asing untuk anak-anak.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.> Menguraikan pentingnya pengguna…

Piaget, J. (1954). The Construction of Reality in the Child. New York: Basic Books.> Menjelaskan bahwa anak usia dini belajar paling efektif melalui pengalaman konkret dan visual.

Pinter, A. (2006). Teaching Young Language Learners. Oxford: Oxford University Press.

Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (4th ed.). Harlow: Pearson Longman.> Memberikan panduan strategi mengajar Bahasa Inggris secara komunikatif dan menarik.

Wright, A., Betteridge, D., & Buckby, M. (2006). Games for Language Learning. Cambridge: Cambridge University Press.> Menjelaskan berbagai permainan yang dapat diterapkan dalam pengajaran Bahasa Inggris.

Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. (2002). The Primary English Teacher’s Guide. Harlow: Longman.> Panduan praktis mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak usia sekolah dasar.

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Arafat, S., Moi, C. M., Nggori, Y. B., Wulan, M. R., & Ndae, K. F. (2025). AT CICI’S FARM: BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN GEMBIRA UNTUK ANAK-ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1084–1092. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1076

Issue

Section

Articles