HYBRID LEARNING PENGUATAN KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR RAPOR PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

Authors

  • Sucahyo Mas’an Al Wahid Universitas Borneo Tarakan
  • Arif Jauhar Tontowi Universitas Muhammadiyah Berau
  • Jarwoko Jarwoko BPMP Kalimantan Utara

Keywords:

Hybrid Learning, Penguatan Kebijakan Merdeka Belajar, Rapor Pendidikan

Abstract

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema penguatan kebijakan merdeka belajar rapor pendidikan Provinsi Kalimantan Utara yang dilaksanakan dengan konsep hybrid learning, sebagai bentuk pemanfaatan dan pembiasaan kurikulum merdeka belajar (KMB) di pemerintah daerah. Tujuan dalam pelaksanaan kegiatan ini sebagai wujud hasil refleksi rapor pendidikan pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi untuk meningkatkan sumber daya saing dan sumber daya manusia (SDM). Selain itu kegiatan tersebut juga bertujuan memaksimalkan penggunaan PMM sehingga guru-guru dapat memperoleh referensi, inspirasi pemahaman serta pelatihan secara mandiri untuk menerapkan kurikulum merdeka. Kegiatan ini diikuti oleh pengawas, kepala sekolah dan perwakilan dinas pendidikan Provinsi/Kab/Kota yang dilakukan secara online menggunakan zoom meeting. Selain memberikan panduan identifikasi, refleksi, benahi pada rapor pendidikan, tim pengabdi juga memberikan angket pada akhir kegiatan sebagai bagian dari umpan balik terhadap narasummber dan kegiatan pengabdian. Hasil pelaksanaan pengabdian Terdapat penilaian responden dari power point yang disajikan oleh narasumeber dengan berbagai hasil yaitu 3,2% menyatakan penilaian 4 dari 10 bentuk angka yang diberikan, 9,7% memilih angka 7, 25,8% memberikan umpan balik dengan angka 8, 35,5% memberikan penilaian 9 dan 25,8% menjawab dengan nilai angka 10. Kesulitan peserta Pada akses membuka platform rapor pendidikan menggunakan akun belajar id 2,3% responden, mencermati ringkasan kondisi wilayah kerja 12,9% responden, mengeksplore ringkasan capaian indikator 9,7% responden, mengunduh profil dan rapor pendidikan 0% responden, menganalisis capaian rapor pendidikan 16,1% responden dan memetakan masalah dan akar masalah 54,8% responden.

References

Azoulay, A., & Antoninis, M. (2023). Global Education Monitoring (GEM) Report 2020. UNESCO. https://www.unesco.org/en/articles/global-education-monitoring-gem-report-2020.

Bresciani, M. J. (2010). Data‐driven planning: Using assessment in strategic planning. New Directions for StudentServices, 2010(132), 39–50. https://doi.org/10.1002/ss.374

Carlson, D., Borman, G. D., & Robinson, M. (2011). A multistate district-level cluster randomized trial of the impact of data-driven reform on reading and mathematics achievement. Educational Evaluation and policy analysis, 33(3), 378-398.

Data-Driven Decision Making in Education:11 Tips | American University. (2019). https://soeonline.american.edu/blog/data-driven-decision-making-in-education/

Dayal, B. (2023). Making Data Work for You: Overcoming Key Challenges in Enterprise Data Strategy. https://www.linkedin.com/pulse/making-data-work-you-overcoming-key-challenges-enterprise-bipin-dayal

DitPSMP. (2022, April 4). Yuk, Manfaatkan Rapor Pendidikan Untuk Perencanaan Berbasis Data! [Laman].Diaksesdarihttps://ditsmp.kemdikbud.go.id/yuk-manfaatkan-rapor-pendidikan-untuk-perencanaan-berbasis-data/#:~:text=Perencanaan%20Berbasis%20Data%20(PBD)%20adalah,perbaikan% 20mutu%20pendidikan%20yang%20berkesinambungan., tanggal 16 Juni 2022.

Gehrmann, A., Pelzmann,S., & Matthes, D. (2017). Data-Driven Planning and Regional Educational Management. In Education, Space and Urban Planning (pp. 319-327).

Springer, Cham.Gustafsson-Wright, E., Osborne, S., & Aggarwal, M. (n.d.). Digital Tools For Real-Time Data Collection In Education. Brookinngs. Retrieved October 2, 2023, from https://www.brookings.edu/articles/digital-tools-for-real-time-data-collection-in-education/

Kemdikbudristek. (2022). Permendikbudristek No. 9 Tahun 2022 tentang Evaluasi Sistem Pendidikan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Jakarta.Kemdikbudristek. (Maret, 2022).

Merdeka Belajar Episode Kesembilan Belas: Rapor Pendidikan Indonesia[PaparanMendikbudristek].Diaksesdari https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/194_1648802135.pdf

Kemdikbudristek. (2022). Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia untuk Satuan Pendidikan. Diaksesdarihttps://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/200_1648811699.pdf

Kemdikbudristek. (2022). Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia untuk Daerah. Diakses dari https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/upload/file/201_1649322280.pdf

Mahmudah, S., Yoenanto, N. H., Psikologi, F., & Airlangga, U. (2020). Strategi pendidikan dasar untuk mencapai akuntabilitas pengelolaan pendidikan.

Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan di Sekolah Dasar. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 12(2), 142-159

School Improvement: Progress Monitoring -Office of Elementary and Secondary Education. (2020). https://oese.ed.gov/resources/oese-technical-assistance-centers/state-support-network/resources/school-improvement-progress-monitoring/

Schildkamp, K., Karbautzki, L., Breiter, A., Marciniak, M., & Ronka, D. (2012, August)a. The use of data across countries: Development and application of a data use framework. In IFIP Conference on Information Technology in Educational Management (pp. 27-38). Springer, Berlin, Heidelberg.

Schildkamp, K., Ehren, M., & Lai, M. K. (2012)b. Editorial article for the special issue on data-based decision making around the world: from policy to practice to results. School Effectiveness and School Improvement, 23(2), 123–131. doi:10.1080/09243453.2011.652122

Somantri, M. (2014). Perencanaan pendidikan.

SoM, P. (2022). Fungsi Manajemen: Pengertian dan Contoh. PPM SCHOOL OF MANAGEMENT. https://ppmschool.ac.id/fungsi-manajemen/

Zulfikar, F. (2021). Fungsi Manajemen Beserta Penjelasannya SecaraLengkap. Detikedu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5615576/fungsi-manajemen-beserta-penjelasannya-secara-lengkap.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Al Wahid, S. M., Tontowi, A. J., & Jarwoko, J. (2025). HYBRID LEARNING PENGUATAN KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR RAPOR PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1071–1083. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1075

Issue

Section

Articles