PELATIHAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS III SDN MELAYU MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Keywords:
menulis kreatif, cerita imajinatif, literasi siswa, pendekatan berbasis imajinasi., sekolah dasarAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita imajinatif siswa sekolah dasar melalui pendekatan berbasis imajinasi. Dengan melibatkan 15 siswa kelas III.C di SDN Melayu Muhammadiyah Makassar, pelatihan dilakukan secara bertahap mulai dari penggalian ide, penyusunan alur, penulisan draf, revisi, hingga presentasi karya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, analisis karya tulis, dan tes pemahaman. Hasil menunjukkan bahwa 77% siswa berada pada kategori baik dalam menulis cerita, terutama dalam aspek kreativitas dan orisinalitas, serta pemahaman terhadap unsur cerita mencapai rata-rata 80%. Meskipun masih ditemukan kelemahan dalam struktur alur dan unsur latar, kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan berpikir kritis, dan ekspresi tertulis siswa. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi pembelajaran kreatif dalam penguatan literasi di jenjang pendidikan dasar.
References
Akinoglu, O. (2005). Effects of creative writing activities on students' writing skills. https://www.researchgate.net/publication/249948155
Budi, S. H., & Lestari, S. (2020). Strategi Pengajaran Menulis Cerita Imajinatif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 18(1), 45-56.
Choi, H., & Lee, M. (2012). Creative writing in the ESL classroom: Enhancing second language acquisition through imaginative tasks. ELT Journal, 66(3), 251–259. https://doi.org/10.1093/elt/ccr093
Choi, M. L., & Lee, H. (2012). The integration of creative writing techniques in language education. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3102/0034654312443141
Kemendikbud. (2020). Strategi Nasional Literasi: Penguatan Budaya Literasi di Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kim, K. H. (2005). Creative teaching and creativity development in the classroom. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3102/00346543055004041
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Miller, G., & Moulton, M. (2003). Creative writing and its effects on students' analytical thinking. https://www.jstor.org/stable/42746704
Torrance, E. P. (1974). Facilitating creative thinking in children. https://www.jstor.org/stable/42715144
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Filawati Filawati, Muhammad Alfian Tuflih, Adhe Utami Lestari, Riska Riska, Fathia Al Thafunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						

















