PELATIHAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS III SDN MELAYU MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Authors

  • Filawati Filawati Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Alfian Tuflih Universitas Negeri Makassar
  • Adhe Utami Lestari Universitas Negeri Makassar
  • Riska Riska Universitas Negeri Makassar
  • Fathia Al Thafunnisa Universitas Negeri Makassar

Keywords:

menulis kreatif, cerita imajinatif, literasi siswa, pendekatan berbasis imajinasi., sekolah dasar

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita imajinatif siswa sekolah dasar melalui pendekatan berbasis imajinasi. Dengan melibatkan 15 siswa kelas III.C di SDN Melayu Muhammadiyah Makassar, pelatihan dilakukan secara bertahap mulai dari penggalian ide, penyusunan alur, penulisan draf, revisi, hingga presentasi karya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, analisis karya tulis, dan tes pemahaman. Hasil menunjukkan bahwa 77% siswa berada pada kategori baik dalam menulis cerita, terutama dalam aspek kreativitas dan orisinalitas, serta pemahaman terhadap unsur cerita mencapai rata-rata 80%. Meskipun masih ditemukan kelemahan dalam struktur alur dan unsur latar, kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan berpikir kritis, dan ekspresi tertulis siswa. Temuan ini menunjukkan pentingnya integrasi pembelajaran kreatif dalam penguatan literasi di jenjang pendidikan dasar.

References

Akinoglu, O. (2005). Effects of creative writing activities on students' writing skills. https://www.researchgate.net/publication/249948155

Budi, S. H., & Lestari, S. (2020). Strategi Pengajaran Menulis Cerita Imajinatif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 18(1), 45-56.

Choi, H., & Lee, M. (2012). Creative writing in the ESL classroom: Enhancing second language acquisition through imaginative tasks. ELT Journal, 66(3), 251–259. https://doi.org/10.1093/elt/ccr093

Choi, M. L., & Lee, H. (2012). The integration of creative writing techniques in language education. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3102/0034654312443141

Kemendikbud. (2020). Strategi Nasional Literasi: Penguatan Budaya Literasi di Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kim, K. H. (2005). Creative teaching and creativity development in the classroom. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.3102/00346543055004041

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Miller, G., & Moulton, M. (2003). Creative writing and its effects on students' analytical thinking. https://www.jstor.org/stable/42746704

Torrance, E. P. (1974). Facilitating creative thinking in children. https://www.jstor.org/stable/42715144

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Filawati, F., Tuflih, M. A., Lestari, A. U., Riska, R., & Thafunnisa, F. A. (2025). PELATIHAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS III SDN MELAYU MUHAMMADIYAH MAKASSAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 858–865. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1064

Issue

Section

Articles