SOSIALISASI PENGUATAN KARAKTER SISWA UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BERPRESTASI DI ERA GLOBALISASI

Authors

  • Azmi Luthfia Universitas Muria Kudus
  • Allyssa Nadiya Zaeni Universitas Muria Kudus
  • Ruth Natalia Susanti Universitas Muria Kudus

Keywords:

Character Education, Innovation, Persistence, Politeness, Achievement Motivation

Abstract

Pendidikan karakter di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) memiliki peran strategis dalam membentuk siswa yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki sikap dan perilaku positif. Nilai seperti kesantunan, kegigihan, dan inovasi menjadi landasan penting dalam pendidikan yang efektif. Kesantunan membantu siswa membangun hubungan harmonis dengan teman sebaya dan guru, menciptakan lingkungan belajar kondusif. Kegigihan mengajarkan siswa untuk tidak mudah menyerah menghadapi tantangan serta membangun ketahanan mental demi mencapai tujuan. Sikap inovatif mendorong siswa berpikir kreatif, menemukan solusi baru, dan meningkatkan kepercayaan diri serta kepuasan belajar. Implementasi pendidikan karakter di SMP dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan, salah satunya sosialisasi urgensi penanaman sikap santun, gigih, dan inovatif. Dengan pendekatan holistik, pendidikan karakter membentuk individu yang tidak hanya berprestasi akademik, tetapi juga memiliki integritas, disiplin, dan kepedulian sosial. Ini akan meningkatkan motivasi siswa karena merasa dihargai dan didukung dalam pengembangan diri.

References

Abdurahman, A., Marzuki, K., Yahya, M. D., Asfahani, A., Pratiwi, E. A., & Adam, K. A. (2023). The Effect of Smartphone Uses and Parenting Style on the Honest Character and Responsibility of Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 247–257. https://doi.org/10.21831/jpe.v11i2.60987

Adzani, I. A., Wibowo, R. P., Dzulfahmi, S. L., & Rawanoko, E. S. (2024). Moral and Ethical Crisis : The Impact of Lack of Implementation of Pancasila Values. Cakrawala: Journal of Citizenship Teaching and Learning, 2(2), 179–187.

Az-zahra, A., Irliany, H., Zain, S. Z., Azzahra, I. N., & Andriani, S. (2025). Membangun Sikap Sopan Santun Pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 8(2), 669–677. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i2.912

Carmeli, A., Meitar, R., & Weisberg, J. (2006). Self-leadership Skills and Innovative Behavior at Work. International Journal of Manpower, 27(1), 75–90. https://doi.org/10.1108/01437720610652853

Cintyani, M. A., Azma, K., & Syairudin, M. A. (2025). Strategi Pendidikan Karakter untuk membentuk Sikap Tanggung Jawab pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Nakula: Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Ilmu Sosial, 3(1), 292–300.

Dale, J. (2024). Path Analysis of Grit, Self-Efficacy, Self-Regulation, and Science Academic Performance in Online Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 50(10), 299–314.

De Jong, J. P. J., & Den Hartog, D. N. (2007). How Leaders Influence Employees’ Innovative Behaviour. European Journal of Innovation Management, 10(1), 41–64. https://doi.org/10.1108/14601060710720546

Efendi, R., & Ningsih, A. R. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Gunawan, I., Argadinata, H., & Malang, U. N. (2020). Dampak Pembelajaran Berkarakter terhadap Penguatan Karakter Siswa Generasi Milenial. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2019), 160–170.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Silvia, S. (2022). Inovasi Pendidikan Karakter dalam Menciptakan Generasi Emas 2045. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), 170. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i3.7291

Liu, J. (2021). The Role of Grit in Students’ L2 Engagement in the English as a Foreign Language Classroom. Frontiers in Psychology, 12(September), 10–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.749844

Mucinskas, D., Clark, S., Barendsen, L., & Gardner, H. (2025). An Increase in Educator Expectations of Student Character Growth during Participation in a Community of Practice. Frontiers in Education, 10(February), 1–17. https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1466295

Mustakimah, M., & Mu’amamah, S. (2021). Upaya Membentuk Karakter Percaya Diri dan Kreatif Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Jamuran. Journal of Early Childhood and Character Education, 1(1), 35–52. https://doi.org/10.21580/joecce.v1i1.6613

Nurhaswinda, Guntara, R. Y., & Putri, V. D. R. (2025). Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(2), 61–80.

Putri, F. S., Fauziyyah, H., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Sikap Sopan Santun terhadap Karakter dan Tata Krama Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4987–4994. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1616

Ramadani, G., Juarsa, O., & Noperman, F. (2021). Hubungan Kecerdasan Moral dengan Sikap Sopan Santun Siswa Kelas Tinggi SDN Gugus I Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 154–161. https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.2.154-161

Rukiyanto, B. A., Nurzaima, Widyatiningtyas, R., Solissa, E. M., & Marzuki (2023). Hubungan antara Pendidikan Karakter dan Prestasi Akademik Mahasiswa Perguruan Tinggi. JRPP: Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 4017–4025. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/23284%0Ahttps://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/23284/16356

Saputri, S., Ardivanto, A., & Rofian. (2025). Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 6(1), 166–173.

Stephen, M. L., & Murugesan, M. (2024). Role of Grit and Academic Motivation on Academic Achievement among Students. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 106, 106–111.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Waruwu, F. (2024). Peran Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Sikap Positif Terhadap Belajar Anak Di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11002–11008. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Zhao, W., Shi, X., Jin, M., Li, Y., Liang, C., Ji, Y., Cao, J., Oubibi, M., Li, X., & Tian, Y. (2024). The Impact of a Growth Mindset on High School Students’ Learning Subjective Well-being: The Serial Mediation Role of Achievement Motivation and Grit. Journal Frontiers in Psychology, 15(July), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1399343

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Azmi Luthfia, Allyssa Nadiya Zaeni, & Ruth Natalia Susanti. (2025). SOSIALISASI PENGUATAN KARAKTER SISWA UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BERPRESTASI DI ERA GLOBALISASI . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1253–1263. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1062

Issue

Section

Articles