SOSIALISASI PENGENALAN DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI UMKM DI PEKON PANDANSARI SELATAN

Authors

  • Elisabet Yunaeti Anggraeni Institut Bakti Nusantara Lampung
  • Sri Hartati Institut Bakti Nusantara Lampung
  • Tri Susilowati Institut Bakti Nusantara Lampung
  • Suyono Institut Bakti Nusantara Lampung

Keywords:

Social media, UMKM, promotion, Pekon Pandansari Selatan

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini membahas bagaimana memberikan sosialisasi ataupun pembelajaran kepada masyarakat dalam pemanfaatan media sosialisasi bagi masyarakat di pekon Pandansari Selatan. Dengan kegiatan sosialisasi  ini diharapkan masyarakat di Pekon Pandansari Selatan  dapat lebih memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mempromosikan UMKM kepada masyarakat luas agar mendapatkan potensi pasar yang lebih luas. Pada kegiatan pengabdian pada masyarakat kali ini memberikan hasil bahwa pemanfaatan media sosial memberikan prospek yang baik untuk meningkatkan penjualan produk UMKM di pekon Pandansari Selatan yang sangat kurang dalam hal promosi. Hal ini disebabkan karena sistem pemasaran menggunakan media sosial menyediakan platform jual beli secara online yang akan memudahkan proses pemesanan dan pembelian. Sehingga pembeli dapat berinteraksi dengan pemilik UMKM untuk melakukan transaksi secara langsung. Selain itu jangkauan wilayah penjualan akan lebih luas sehingga akan meningkatkan pendapatan masyarakat.

References

Fedianti Agustina, W. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai sarana promosi makanan ringan keripik singkong dikabupaten Sampang. Dialektika.

Rustam, M. (2017). Internet dan penggunaannya. Studi Komunikasi dan Media.

Sidauruk, K. N. (2021). Pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media promosi baru oleh Bigissimo.id dimasa pandemi. Atmajaya Yogyakarta.

C. Laudon, Kenneth & P. Laudon, Jane. 2005. Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 8. Yogyakarta: Andi Offset.

Septiana, Eka & Widayani, Anna. 2020. Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran: Kompetitif. Vol. 5 No.1 Oktober 2020. Hal :133–142

Turban, Efraimdan King, David (2012). Electronic Commerce 2012: Managerial and Social Networks Perspectives (7th Edition). Prentic Hall.

Wong, Jony. 2010. Internet Marketing for Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Elisabet Yunaeti Anggraeni, Sri Hartati, Tri Susilowati, & Suyono. (2023). SOSIALISASI PENGENALAN DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI UMKM DI PEKON PANDANSARI SELATAN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(03), 704–709. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/106

Issue

Section

Articles