UPAYA MENYADARKAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA KEGIATAN SOSIAL DIMUSHOLA DAN PERAN MUSHOLA SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AGAMA MELALUI KKN

Authors

  • Raymon Danuarta universitas islam negri raden fatah palembang
  • M. Ahza Hanif Uin raden fatah

Keywords:

Playar Room KKN Social Activities Religious Education Community Participation

Abstract

Artikel ini membahas metode dan hasil Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Mushola Nurul Husein di kawasan Kertapati, Palembang. KKN bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting mushola sebagai pusat kegiatan sosial dan pendidikan agama. Penyelidikan dilakukan melalui penyuluhan, aktivitas keagamaan, dan pemberdayaan masyarakat setempat. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan peningkatan keterlibatan masyarakat, terutama dengan pengurus yang aktif dan kegiatan yang berkaitan dengan generasi muda. Artikel ini menekankan betapa pentingnya mushola berubah dari sekadar tempat ibadah menjadi pusat pemberdayaan masyarakat berdasarkan nilai-nilai keagamaan.

References

admindesa. (2008). Pendidikan dan Kesadaran Masyarakat: Memahami Pentingnya Pendidikan dalam Mempengaruhi Kesadaran Masyarakat. 2018 Pemerintah Desa Bhuana Jaya. | Teknologi Panda. https://www.bhuanajaya.desa.id/pendidikan-dan-kesadaran-masyarakat-memahami-pentingnya-pendidikan-dalam-mempengaruhi-kesadaran-masyarakat/ diakses per tanggal 11 juni 2025

Hazni, Hayati, F., & Mutiawati, Y. (2023). Analisis Kegiatan Main Peran Makro Untuk Menstimulasi Percaya Diri Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 1–10.

Hervin, R. P., Naila, I., & Faradita, M. N. (2024). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Diorama Pada Pembelajaran Materi Ekosistem. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 927–937.

Husni Fauzi, Yayan Hendayana, Nurul Rahmah, Berliana Febrianti, Adela Rizkha, Diana Noviyanti, Evi Permatasari, Arya Bayu Sayeti, Muhamad Ramdan, Maiyona Dannisya, & Alfia Dwi Cahyani. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Di Desa Srimukti Kabupaten Bekasi. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(3), 155–166. https://doi.org/10.56910/safari.v3i3.722

Karim, A. (2018). Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup Berbasis Humanisme Pendidikan Agama. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 309. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2780

Oktavia, E., & Mastanora, R. (2020). Manfaat Mengikuti Pengajian Rutin dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 1(2), 74. https://doi.org/10.31958/istinarah.v1i2.1816

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Evi Nurdiana. (2020). Kegiatan Wajib Mengaji Al-Qur’an Di Sekolah-Sekolah Negeri Kecamatan Cikampek. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51447%0Ahttps://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/51447/1/EVI NURDIANA-1113034000017 FAKULTAS USHULUDDIN.pdf

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Danuarta, R., & Hanif, M. A. (2025). UPAYA MENYADARKAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA KEGIATAN SOSIAL DIMUSHOLA DAN PERAN MUSHOLA SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN AGAMA MELALUI KKN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1278–1286. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1058

Issue

Section

Articles