KAMPUNG BAHASA BERBASIS BUDAYA LOKAL: STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ASING DALAM MEWUJUDKAN REVOLUSI KARAKTER BANGSA

Authors

  • Syarifah Fatimah Universitas Negeri Makassar
  • Misnah Manahali Universitas Negeri Makassar
  • Laelah Azizah Universitas Negeri Makassar
  • Femmy Angreany Universitas Negeri Makassar
  • Rahmat Burhamzah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

kampung bahasa, budaya lokal, bahasa asing, pendidikan karakter, pembelajaran kontekstual, partisipasi masyarakat

Abstract

Penguasaan bahasa asing menjadi kebutuhan penting dalam era globalisasi. Namun, tantangan seperti rendahnya akses pendidikan bahasa dan kurangnya pendekatan kontekstual masih terjadi, khususnya di daerah pinggiran. Di sisi lain, pembelajaran yang terlepas dari budaya lokal rentan melemahkan karakter dan identitas nasional. Oleh karena itu, program Kampung Bahasa Berbasis Budaya Lokal diinisiasi sebagai strategi untuk mengintegrasikan pengajaran bahasa asing dengan nilai-nilai budaya lokal guna mewujudkan revolusi karakter bangsa. Kegiatan ini menggunakan pendekatan partisipatif-kolaboratif yang melibatkan masyarakat secara aktif. Metode pelaksanaan mencakup pemetaan budaya lokal, pengembangan kurikulum kontekstual, pelatihan tutor lokal, serta pelaksanaan kelas bahasa asing dengan pendekatan task-based learning dan contextual teaching and learning. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan pre-test/post-test untuk mengukur aspek linguistik dan afektif peserta. Program menunjukkan peningkatan signifikan pada berbagai aspek: kemampuan berbicara peserta meningkat dari 35% menjadi 78%, pemahaman nilai budaya dari 50% menjadi 90%, dan kepercayaan diri dalam komunikasi dari 40% menjadi 85%. Keterlibatan masyarakat naik dari 20% menjadi 80%, dan partisipasi pemuda sebagai tutor lokal meningkat dari 15% menjadi 70%. Selain itu, penggunaan media budaya lokal dalam pembelajaran meningkat drastis dari 10% menjadi 95%. Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi nilai budaya lokal dalam pembelajaran bahasa asing tidak hanya meningkatkan kemampuan linguistik, tetapi juga menumbuhkan karakter, identitas, dan partisipasi sosial. Pendekatan ini terbukti mampu membangun ekosistem pendidikan yang relevan, inklusif, dan berkelanjutan. Kampung bahasa berbasis budaya lokal merupakan strategi yang efektif dalam membentuk generasi yang terampil secara global tanpa kehilangan akar budayanya. Program ini layak direplikasi dalam konteks pendidikan nasional sebagai bagian dari upaya memperkuat pendidikan karakter dalam kerangka Asta Cita.

References

Banks, J. A. (2009). An Introduction to Multicultural Education. Pearson.

Ellis, R. (2003). Task-based Language Learning and Teaching. Oxford University Press.

Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum.

Furco, A. (1996). Service-learning: A balanced approach to experiential education. Expanding Boundaries: Serving and Learning.

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It’s Here to Stay. Corwin Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK): Gerakan Nasional Revolusi Mental di Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Prentice-Hall.

Krashen, S. D. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition. Pergamon Press.

Moll, L. C., Amanti, C., Neff, D., & Gonzalez, N. (1992). Funds of Knowledge for Teaching: Using a Qualitative Approach to Connect Homes and Classrooms. Theory into Practice.

Rogers, A. (2003). What is the difference? A new critique of adult learning and teaching. NIACE.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Wiggins, G. (1998). Educative Assessment: Designing Assessments To Inform and Improve Student Performance. Jossey-Bass.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Fatimah, S., Manahali, M., Azizah, L., Angreany, F., & Burhamzah, R. (2025). KAMPUNG BAHASA BERBASIS BUDAYA LOKAL: STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ASING DALAM MEWUJUDKAN REVOLUSI KARAKTER BANGSA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 834–844. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1050

Issue

Section

Articles