DARI GEROBAK KE GADGET: TRANSFORMASI DIGITAL USAHA MIE AYAM DAN BAKSO DI LAMPUNG TENGAH

Authors

  • Affandi Abbas
  • M. Fachri Al Hakim
  • Farozak Alamin
  • Alifah Putri Eriza
  • Resha Moniyana Putri
  • M. Mufti Hudani

Keywords:

MSMES, Business Feasibility, Digitalization, Online Sales, Chicken Noodles and Meatballs

Abstract

Pengabdian ini bertujuan mengembangkan strategi digitalisasi penjualan pada usaha mie ayam dan bakso di Way Pengubuan, Lampung Tengah. Objek pengabdian adalah UMKM kuliner berskala mikro yang masih beroperasi secara konvensional. Metode yang digunakan ialah studi kasus dengan melakukan wawancara semi-terstruktur dan observasi lapangan. Hasil menunjukkan bahwa rendahnya literasi digital serta minimnya pendampingan menjadi hambatan utama dalam transformasi digital. Intervensi berupa pelatihan WhatsApp Business dan Instagram, serta edukasi dasar visual branding, meningkatkan kesiapan pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi. Pengabdian ini mendukung penerapan teori Dynamic Capabilities dan Diffusion of Innovation dalam konteks pengembangan UMKM. Pengabdian menyimpulkan bahwa digitalisasi UMKM memerlukan dukungan ekosistem pembelajaran, pendampingan kontekstual, dan pendekatan partisipatif untuk meningkatkan efisiensi, daya saing, dan keberlanjutan usaha secara optimal.

References

Adiguna, P., Sutariyono, S., Aisha, N., Herawati, T., Nurrahman, S., Saefullah, A., AR, R., Hakim, M. P., Syaputra, R., & Sitohang, R. M. (2024). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada UMKM Melalui Keterampilan Digital dalam Produksi Pangan. Journal of Community Research & Engagement, 1(1), 92–102. https://jurnal.stieganesha.ac.id/index.php/jcre/article/view/42

Nazir, M. A., & Roomi, M. A. (2021). Barriers to Adopting Electronic Commerce for Small and Medium-sized Enterprises in Emerging Economies. EMAJ: Emerging Markets Journal, 10(2), 43–55. https://doi.org/10.5195/emaj.2020.203

Operasional, E., Mikro, U., Mendrofa, L., Zendrato, B., & Zai, I. (2025). PENGARUH DIGITALISASI PADA PENINGKATAN DAN MENENGAH ( UMKM ) DI INDONESIA. 02, 100–108.

Pekanbaru, K. (2025). TRANSFORMASI DIGITAL UMKM: KAPABILITAS TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DAN K... 380–393.

Permatasari, I. R., Rachmi, A., Sinartya, J. O., & Permanasari, K. I. (2023). Pengaruh Penerapan Digital Marketing Transformation Terhadap Peningkatan Volume Penjualan UMKM Kuliner Kota Malang. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 17(1), 12–20.

Sevty, G., Ananda, J., Putra Hafiz, A., & Ramli, F. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pelaku UMKM dalam Pemasaran Syari’ah. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(3), 82–98. https://doi.org/10.61132/nuansa.v2i2.1092

Sidoarjo, K., & Timur, J. (2025). Article History: 2.

Sitompul, P. S., Sari, M. M., Miranda, C., & Lumban, B. (2025). Transformasi Digital UMKM Indonesia : Tantangan dan Strategi Adaptasi di Era Ekonomi Digital 1-4 Universitas Negeri Medan , Indonesia. April.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Affandi Abbas, M. Fachri Al Hakim, Farozak Alamin, Alifah Putri Eriza, Resha Moniyana Putri, & M. Mufti Hudani. (2025). DARI GEROBAK KE GADGET: TRANSFORMASI DIGITAL USAHA MIE AYAM DAN BAKSO DI LAMPUNG TENGAH. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1185–1196. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1048

Issue

Section

Articles