EDUKASI GIZI MELALUI POSTER DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PROMOTIF PENCEGAHAN TUBERCULOSIS
Keywords:
Edukasi gizi, media sosial, TBC, gizi seimbang, promosi kesehatan.Abstract
Tuberkulosis (TBC) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang masih menjadi perhatian, dengan status gizi sebagai faktor yang berkontribusi terhadap kerentanan terhadap infeksi. Edukasi gizi yang tepat dapat berperan sebagai strategi promotif dan preventif dalam upaya penanggulangan TBC. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang dalam pencegahan TBC melalui media infografis edukatif. Kegiatan edukasi dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: penyusunan materi berbasis referensi ilmiah, perancangan infografis menggunakan aplikasi Canva, serta diseminasi melalui media sosial (Instagram dan TikTok) dan ruang publik di lingkungan kampus. Evaluasi dilakukan melalui survei daring terhadap 61 responden. Hasil menunjukkan bahwa seluruh responden (100%) menilai infografis menarik dan mudah dipahami, sementara 65,6% responden mengaku memperoleh pengetahuan baru mengenai hubungan antara gizi dan TBC. Infografis yang disebarkan melalui Instagram menunjukkan jangkauan dan interaksi audiens yang lebih tinggi dibandingkan TikTok. Temuan ini menunjukkan bahwa media visual dan digital efektif digunakan dalam edukasi gizi serta berpotensi meningkatkan literasi kesehatan masyarakat. Strategi ini dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai pendekatan preventif dalam upaya pengendalian TBC.
References
Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Republik Indonesia. (2023). SKI 2023 dalam angka. https://www.badankebijakan.kemkes.go.id/ski-2023-dalam-angka/
Evi, K. B., & Irianton, A. (2019). Intervensi Booklet Peran Suami dalam Pemberian ASI Terhadap Pengetahuan Tentang ASI pada Suami di Dusun Jetis Desa Widodomartani (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta). https://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1346/
Mauliyana A and Evi Hadrikaselma. (2021). “Risk Factors of Pulmonary Tuberculosis in the Working Area of Perumnas Public Health Center Kendari City.” MIRACLE Journal Of Public Health 4 (2): 202–13. https://doi.org/10.36566/mjph/vol4.iss2/257.
Mustofa, R.A.B, & Mutiara Sari. (2024). “Efektivitas Promosi Kesehatan Mental Melalui Media Sosial Dalam Mendorong Perilaku Hidup Sehat Pada Remaja.” Sosial Simbiosis: Jurnal Integrasi Ilmu Sosial Dan Politik 1 (3): 212–23. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Sosial/article/view/484
Pratiwi, P. S., Seytawati, M. P., Hidayatullah, A. F., Ismail, I., & Tafsir, T. (2021). Moderasi Beragama dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal dakwah dan Komunikasi, 6(1), 83-94. https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JDK/article/view/2959
Rinarto, D. L., Ilmi, I. M. B., & Imrar, I. F. (2022). Pengaruh Edukasi dengan Media Sosial Instagram dan YouTube terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(03), 287-292. https://journals.stikim.ac.id/index.php/jikm/article/view/1056
Rupang, Ernita Rante, Amnita Anda Yanti Ginting, and Sovia Veronika. (2024). “Hubungan Status Gizi Dengan Kejadian Tb Paru Di Rumah Sakit Khusus Paru Sumatera Utara Tahun 2023.” Jurnal Ilmiah Keperawatan IMELDA 10 (1): 1–10. https://doi.org/10.52943/jikeperawatan.v10i1.1364.
World Health Organization. (2022). Tuberculosis Day 2022. WHO. https://www.who.int/indonesia/news/campaign/tb-day-2022/fact-sheets
World Health Organization. (2025). Tuberculosis [Fact sheet]. WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/tuberculosis
Yuda, A., Solihati., Zahrah, M.S. (2024). Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Melalui Media Poster Leaflet Dan Permainan Index Card Match Terhadap Perubahan Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Seimbang. Gudang Jurnal Ilmu Kesehatan, 2 (2) Page 283-2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devi Savitri Effendy, Febriana Muchtar, Astrifatih A.Daulat, Andi Nur Taqfiyatul Rizka Toaso, Dea Septiani, Hartati Bahar, Hariati Lestari, Ramadhan Tosepu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.