PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SMP DI WONOMULYO

Authors

  • Amra Ariyani Universitas Negeri Makassar
  • Sahril Sahril Universitas Negeri Makassar
  • Maemuna Muhayyang Universitas Negeri Makassar
  • Hasriani G Universitas Negeri Makassar
  • Fauzan Hari Sudding Sally Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Masalah Pembelajaran dan Pengajaran, Tinjauan Pustaka

Abstract

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk melatih dan memberikan pemahaman menulis Penelitian Tindakan Kelas kepada guru-guru SMP di Wonomulyo, Sulawesi Barat. Guru-guru diberikan beberapa materi pemahaman tentang Penelitian Tindakan Kelas, langkah-langkah Penelitian Tindakan kelas, dan merancang suatu Penelitian Tindakan Kelas.  Hasil dari kegiatan PKM ini adalah guru-guru Bahasa Inggris di Wonomulyo baru mengetahui bahwa dalam menulis Penelitian Tindakan Kelas, hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengidentifikasi masalah pembelajaran, menemukan alternatif solusi, dan menentukan topik kajian suatu PTK.  Selain itu, mereka masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide-ide mereka, dan mencari kajian literatur yang sesuai dengan topik kajian mereka. Walaupun begitu, selama pelaksanaan kegiatan PKM, para peserta menunjukkan semangat dan motivasi yang tinggi.

References

Aditya, I. (2021). Sedikit, guru lakukan penelitian tindakan kelas. KRJOGJA. https://www.krjo gja.co m/berita- loka l/d iy/yo gyakarta/s ed ik it-guru-lakukan-penelitian-tindakan-kelas/

Afandi. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan kelas bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “PENDIDIKAN DASAR” Vol. 1 No. 1 Januari 2014 https://media.neliti.com/media/publications/136822-ID-pentingnya-penelitian-tindakan-kelas-bag.pdf diakses pada tanggal 15 Maret 2022.

Ambalegin, Sunargo, Handayani, N.D. (2023). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru-Guru di Pondok Pesantren Manba’ul Hidayah Batam. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, Vol.7 No .1. (2023)

Malik, Ranbir Singh & Hamied, Fuad Abdul. (2016). Research Methods: A Guide for First Time Researchers.

Octaviani, S. & Reftyawati, D. (2021). Peningkatan kompetensi PTK guru SD melalui pendampingan PKM di masa pandemi. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 9–18.

Surat, I. M., Sukendra, I. K., Widana, I. W., & Sumandya, I. W. (2021). PkM. Pelatiha n penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru sekolah Taman Rama Denpasar. Widya Mahadi, 2(1), 84–94.

Panduan PNBP Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2021. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Universitas Negeri Makassar.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun (2009). Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132929/permen-pan-rb-no-16-tahun-2009 diakses pada tanggal 15 Maret 2022.

Wardhani, IGAK & Wihardit, Kuswaya. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Ariyani, A., Sahril, S., Muhayyang, M., G, H., & Sally, F. H. S. (2025). PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SMP DI WONOMULYO. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 818–823. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1044

Issue

Section

Articles