PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN CANVA

Authors

  • Murni Mahmud Universitas Negeri Makassar
  • Yunitari Mustikawati Universitas Negeri Makassar
  • Fitri Radhiyani Universitas Negeri Makassar
  • Muftihaturrahmah Burhamzah Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Rahim Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Canva, Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Literasi Digital, Pelatihan Guru

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan modul ajar berbasis digital menggunakan Canva. Kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Segeri, Kabupaten Pangkep, dengan tahapan sosialisasi, pelatihan, implementasi di kelas, serta pendampingan dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan Canva efektif dalam meningkatkan kreativitas guru, kualitas media ajar, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Guru menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan teknologi, dan siswa menunjukkan antusiasme lebih tinggi terhadap materi ajar interaktif. Program ini mendorong terciptanya perubahan positif dalam proses pembelajaran dan kesiapan sekolah menghadapi transformasi digital.

References

Husna, A., & Purnamasari, D. (2021). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembuatan Modul Ajar Interaktif. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 45–58.

Handayani, N. D. (2022). Canva Sebagai Inovasi Desain Modul Digital Interaktif di Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 3(1), 111–117.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal GTK.

Rusman. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 15–26.

Sumarno, M., Jamiah, Y., Fitriawan, D., Yani, A. T., & Hartoyo, A. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Merdeka. Journal of Educational Review and Research, 6(1), 23–34.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Jossey-Bass.

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(2), 78–89.

Wahyudin, D. (2020). Pendidikan Abad 21 dan Implikasinya terhadap Desain Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1–10.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Murni Mahmud, Mustikawati, Y., Radhiyani, F., Burhamzah, M., & Rahim, I. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN CANVA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 800–804. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1043

Issue

Section

Articles