TOEIC® (TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION) WORKSHOP FOR STUDENTS OF SMK NEGERI 2 PANGKEP

Authors

  • Asriati Asriati Universitas Negeri Makassar
  • Ahmad Talib Universitas Negeri Makassar
  • Sultan Baa Universitas Negeri Makassar
  • Nur Aeni Universitas Negeri Makassar
  • Mardiyanah Nasta Universitas Negeri Makassar

Keywords:

TOEIC® workshop, Vocational High School Students

Abstract

Pelatihan TOEIC® dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan pengenalan mengenai apa itu tes TOEIC® bagi siswa SMK Negeri 2 Pangkep. Dalam pelaksanaannya terdapat 3 tahapan pelaksanaan pada kegiatan program kemitraan masyarakat ini yaitu pengenalan, pelatihan, dan demonstrasi dengan menerapkan pendekatan student-centered learning. Hasil PkM ini memperlihatkan bahwa peserta kegiatan PkM yang merupakan siswa SMK Negeri 2 Pangkep telah memperoleh pengetahuan mengenai tes TOEIC® hal ini diperlihatkan melalui hasil uji coba tes dimana tidak ada siswa mitra yang menjawab benar dibawah 5 nomor. Berdasarkan hasil angket peserta pelatihan menganggap kegiatan ini telah berlangsung dengan baik dan mereka sudah merasa puas dengan pelaksanaan kegiatan ini. Peserta menunjukkan sikap proaktif dan positif selama kegiatan. Mereka mengikuti pelatihan dengan semangat dan menunjukkan partisipasi aktif selama proses pelatihan berlangsung.

References

Asriati, A., Nasta, M., Hasriani, G., Muhayyang, M., & Risan, R. (2023). Pelatihan TOEIC® (Test of English for International Communication) bagi Mahasiswa Business English Communication FBS UNM. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37-44.

Dari, A. L. W., & Zasrianita, F. (2021). An Analysis the Vocational High School Students’ Problem in Answering TOEIC Reading and Listening Test. Jadila: Journal of Development and Innovation in Language and Literature Education, 2(1), 48-56.

Dhewy, R. C., & Handayani, E. L. (2021). Pelatihan TOEIC Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Kelas XII Tav 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo. JURNAL PADI (Pengabdian mAsyarakat Dosen Indonesia), 4(2), 20-24.

Diliana, E. & Sijabat, S. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan TOEIC (Test of English for International Communication) untuk Siswa SMKN 2 Pariwisata Merauke 2023. Journal Of Human and Education (JAHE), 3(4), 132-139.

Educational Testing Service. (2022). Examinee handbook – Listening & reading. Retrieved from www.ets.org/Media/Tests/TOEIC/pdf/TOEIC_LR_examinee_handbook.pdf.

Gulo, I., Kasih, E. N. E. W., Kuswoyo, H., Devita, A., Nurhidayah, T. N. A., & Prastiyo, Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris (TOEIC) di SMKN 1 Braja Selebah, Lampung Timur. TEKNOMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia, 1(1).

Iswara, J. W. (2020). Penguatan Kemampuan Skills Berbahasa Inggris Guna Menunjang Skor TOEIC Bagi Mahaiswa Non Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (PAKEM), 2(2), 145-150.

Purnama, Y. I., Prastiwi, C. H. W., Tirtanawati, M. R., & Rozak, R. R. (2019). Pelatihan Toeic sebagai Upaya Pengembangan Profesional Pada Peserta Didik SMK Negeri Dander Bojonegoro. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 113-122.

Rido, A., Kuswoyo, H., Kasih, E. N. E. W., Lestiani, S., Sa’adah, R. A., Kaban, S. P. P., & Putra, E. A. D. (2023). Enhancing English Language Proficiency of SMKS Muhammadiyah 1 Kota Agung Students through TOEIC Coaching. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 2(2), 149-159. https://doi.org/10.56855/income.v2i2.407

Sarair & Farsia, L. (2023). SMK Muhammadiyah Banda Aceh Students’ Perception on the TOEIC Competency Test. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 10(1), 45-62. Doi:10.22219/celtic.v10i1.27296.

Satria, A., & Zahraa, S. A. (2018). The Factors Affect Toeic Passing Grades In TOEIC Intensive Course For Third Year Students. Inovish Journal, 3(2), 221-229.

Setyowati, R., Setiawati, B., & Iqbal, M. (2023). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Calon Alumni SMK Untuk Mendukung Program Direktorat SMK Melalui EPT Preparation. Duta Abdimas, 2(1), 20-26.

Wijayanti, P. R., Suwartono, T., & Kusuma, L. (2022). Perception of vocational school students towards online learning and their TOEIC scores. International Journal for Educational and Vocational Studies, 4(1).

Zahruni, N. A., Fahmi, F., & Pratolo, B. W. (2020). The Challenges of Taking TOEIC Test and How to Overcome: Perception of Indonesian Vocational Students. Ethical Lingua: Journal of Language Teaching and Literature, 7(1), 82-91.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Asriati, A., Talib, A., Baa, S., Aeni, N., & Nasta, M. (2025). TOEIC® (TEST OF ENGLISH FOR INTERNATIONAL COMMUNICATION) WORKSHOP FOR STUDENTS OF SMK NEGERI 2 PANGKEP. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 805–817. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1042

Issue

Section

Articles