PENTAS SENI ISLAMI SEBAGAI STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK ANAK-ANAK

Authors

  • Arif Hutomo UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Elvira Purnamasari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Efta Liza Purna Sari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Syahwalid Afifah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Melinda Dita Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Allya Dwi Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Amani Syahida Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Pebi Agustiana Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Selva Oktaria Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Tesssa Amelia Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • A. Riska Emilia Zagirin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Liza Sintia Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Aprin Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Khusnul Khotimah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Indah Qurnia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Siti Marhamah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Salma Junia Patriawati Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Sahlan Rangga Saputra Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Haikal Vidi Akbar Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Muhammad Ghani Al-Fariz Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Shoviana Wahyuni Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Meftahul Jannah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Keywords:

Islamic Art Performance, Children's Morality, Nasyeed, Folklore, Community Service

Abstract

Penurunan akhlak di kalangan anak-anak menjadi tantangan besar di era modern akibat pengaruh negatif dari teknologi dan lingkungan sosial yang kurang mendukung. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membina akhlak anak-anak melalui strategi pentas seni Islami. Metode yang digunakan adalah pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development) yang menekankan pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan aset lokal. Program ini diterapkan di TPQ Gang Pematang Keramat, Bengkulu, dengan mengadakan kegiatan seperti nasyid, tarian adat Islami, dan penampilan Islam Ceria. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pentas seni Islami efektif dalam menanamkan nilai-nilai keislaman seperti Rukun Islam, Rukun Iman, serta membentuk karakter anak yang religius, disiplin, dan memiliki semangat belajar. Kegiatan ini juga memperkuat hubungan anak-anak dengan budaya lokal dan nilai spiritual.

References

Al-Ghazali. Ihya’ Ulumuddin, Jilid 3, Beirut: Dar El-Kutb, 2005.

Haryadi, M. D., & Asrori, M. "Pentas Seni sebagai Media Ekspresi dan Apresiasi Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya". Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, Vol. 3, No. 4 (2018), 497–502.

Ismail, H., Abdul, M. A., & Mohamad, I"The Effect of Islamic Visual Art Education on Social Development of Preschool Children.". Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 8 (2019), 1–7.

Khaldun, Ibn. Muqaddimah Ibn Khaldun, terj. Franz Rosenthal, The Muqaddimah: An Introduction to History. Princeton: Princeton University Press, 1967.

Loka, Novita, Ichsan. “An Analysis of the Singing Method in Children's Religious and Moral Values Learning in Islamic Education”. Al-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam 13, No. 1 (2022), 115-126.

Masripah, Latifah, dan Rani Nurani Dewi, ‘Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Di Era Digitalisasi Menurut Perspektif Al-Qur’an’, Action Research Journal Indonesia (ARJI)7, No. 1 (2025), 322–32.

Nisa’, Khoirun. “Al-Ghazali, Ihya’ ‘Ulum al-Din”. Jurnal Ummul Qura VIII, No. 2 (2016), 1-15.

Nurhayati Nurhayati and others, ‘Pengembangan Pengenalan Nilai Keagamaan Dan Akhlak Pada Masa Golden Age: Melibatkan Kegiatan Bernyanyi Religi Dalam Pembelajaran Anak’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 9, No. 1 (2024), 33–49.

Pratiwi, Widya Riski. Dkk. “Pentas Literasi Religi dan Seni: Memotivasi Anak Usia Dini Agar Semakin Menumbuhkan Akhlak Karimah“. MARTABE:Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, No. 5 (2023).

Sina, Ibnu. Kitab al-Nafs dalam Al-Shifa', dikutip dalam Sh. ‘Abd al-Rahman Dunya, Ar-Ruh ‘Inda Ibnu Sina. Kairo: Dar al-Ma’arif, 1963.

Suyitno, S. “Cerita Rakyat sebagai Media Pendidikan Karakter Bangsa”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 1, No.1 (2014), 20-26.

Ulya Rohmatika, ”Penanaman Nilai Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Teater Di MA NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus Tahun Ajaran 2018/2019’. IAIN KUDUS, 2019.

Uzma, Zikri, Siti Masyithoh. “Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-nilai akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. “Qazi : Jurnal Of Islamic Studies 1, No.1 (2024), 12-22.

Yunitasari, Esti, Retnayu Pradanie, and Ayu Susilawati. “Pernikahan Dini Berbasis Transtuktural Nursing Di Desa Kara Kecamatan Torjun Sampang Madura”. Jurnal Ners 11, No. 2 (2016), 164-169.

Wilanda, Maisy Apriliany, dkk. “Membangun Karakter Islam di Era Digital: Tantangan dan Solusi. “Qosim Jurnal Pendidikan,Sosial Dan Humaniora 3, No.2 (2025), 567-573.

Zulkifli. "Peran Nasyid dalam Pendidikan Karakter Anak." Jurnal Pendidikan Islam 9, No. 2 (2022), 101–112.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Hutomo, A., Purnamasari, E., Purna Sari, E. L., Afifah, S., Putri, M. D., Putri, A. D., Syahida, A., Agustiana, P., Oktaria, S., Putri, T. A., Zagirin, A. R. E., Putri, L. S., Aprin, Khotimah, K., Qurnia, I., Marhamah, S., Patriawati, S. J., Saputra, S. R., Akbar, H. V., Al-Fariz, M. G., Wahyuni, S., & Jannah, M. (2025). PENTAS SENI ISLAMI SEBAGAI STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK ANAK-ANAK. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1093–1103. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1036

Issue

Section

Articles