PENDAMPINGAN EVALUASI KETERAMPILAN GERAK DASAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR

Authors

  • Muhammad Zulfikar Universitas Negeri Makassar
  • Hasmyati Hasmyati Universitas Negeri Makassar
  • Andi Atssam Mappanyukki Universitas Negeri Makassar
  • Bustang Bustang Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Ilham Aksir Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Fundamental movement skills, evaluation, physical education, Elementary school, teacher assistance

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru pendidikan jasmani dan 21 siswa kelas 4 di SD Islam Athirah Makassar dalam evaluasi keterampilan gerak dasar menggunakan Test of Gross Motor Development-2 (TGMD-2). Program yang dilaksanakan selama satu hari ini terdiri dari empat kegiatan utama: sosialisasi dan diskusi dengan guru tentang metode evaluasi, pelaksanaan permainan berbasis keterampilan, pelaksanaan evaluasi, dan wawancara dengan lima siswa yang dipilih secara acak untuk mengumpulkan persepsi. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang penilaian keterampilan motorik secara objektif dan respons positif siswa terhadap permainan yang menyenangkan yang meningkatkan kemampuan motorik mereka. Evaluasi mengidentifikasi kekuatan dan aspek yang perlu dikembangkan pada keterampilan locomotor dan manipulatif siswa. Umpan balik guru dan siswa mendukung efektivitas TGMD-2 sebagai alat evaluasi yang praktis. Kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan jasmani dengan mendorong pengembangan keterampilan motorik yang sistematis, menyenangkan, dan terukur bagi siswa sekolah dasar di Makassar.

References

Behan, S., Belton, S., Peers, C., O’connor, N. E., & Issartel, J. (2022). Exploring the relationships between fundamental movement skills and health related fitness components in children. European Journal of Sport Science, 22(2), 171–181.

Chen, Y., Gu, Y., Tian, Y., Kim, H., Ma, J., Jia, X., & Qin, L. (2022). Developing a scale for measuring the fundamental movement skills of preschool children in China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(21), 14257.

Hunt, K., Gurvitch, R., & Lund, J. L. (2016). Teacher evaluation: Done to you or with you? Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 87(9), 21–27.

Kalaja, S. P., Jaakkola, T. T., Liukkonen, J. O., & Digelidis, N. (2012). Development of junior high school students’ fundamental movement skills and physical activity in a naturalistic physical education setting. Physical Education and Sport Pedagogy, 17(4), 411–428.

Kezić, A. N. A., Šimunović, I., & Kalinski, S. D. (2020). Application of the TGMD-2 test in early school-age children for determining the level of fundamental movement skills in different sports. Journal of Physical Education and Sport, 20(2), 635–639.

Lubans, D. R., Morgan, P. J., Cliff, D. P., Barnett, L. M., & Okely, A. D. (2010). Fundamental movement skills in children and adolescents: review of associated health benefits. Sports Medicine, 40, 1019–1035.

Mercier, K., & Doolittle, S. (2013). Assessing student achievement in physical education for teacher evaluation. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 84(3), 38–42.

Metzler, M. W. (2014). Teacher effectiveness research in physical education: The future isn’t what it used to be. In Research Quarterly for Exercise and Sport (Vol. 85, Issue 1). https://doi.org/10.1080/02701367.2014.872932

Rink, J. E. (2013). Measuring teacher effectiveness in physical education. Research Quarterly for Exercise and Sport, 84(4). https://doi.org/10.1080/02701367.2013.844018

Zhang, X., Tang, C., Geng, M., Li, K., Liu, C., & Cai, Y. (2025). The effects of active play interventions on children’s fundamental movement skills: a systematic review. BMC Pediatrics, 25(1), 40.

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

Zulfikar, M., Hasmyati, H., Mappanyukki, A. A., Bustang, B., & Aksir, M. I. (2025). PENDAMPINGAN EVALUASI KETERAMPILAN GERAK DASAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 775–782. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1032

Issue

Section

Articles