PENDAMPINGAN EVALUASI KETERAMPILAN GERAK DASAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR KOTA MAKASSAR
Keywords:
Fundamental movement skills, evaluation, physical education, Elementary school, teacher assistanceAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi guru pendidikan jasmani dan 21 siswa kelas 4 di SD Islam Athirah Makassar dalam evaluasi keterampilan gerak dasar menggunakan Test of Gross Motor Development-2 (TGMD-2). Program yang dilaksanakan selama satu hari ini terdiri dari empat kegiatan utama: sosialisasi dan diskusi dengan guru tentang metode evaluasi, pelaksanaan permainan berbasis keterampilan, pelaksanaan evaluasi, dan wawancara dengan lima siswa yang dipilih secara acak untuk mengumpulkan persepsi. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman guru tentang penilaian keterampilan motorik secara objektif dan respons positif siswa terhadap permainan yang menyenangkan yang meningkatkan kemampuan motorik mereka. Evaluasi mengidentifikasi kekuatan dan aspek yang perlu dikembangkan pada keterampilan locomotor dan manipulatif siswa. Umpan balik guru dan siswa mendukung efektivitas TGMD-2 sebagai alat evaluasi yang praktis. Kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan jasmani dengan mendorong pengembangan keterampilan motorik yang sistematis, menyenangkan, dan terukur bagi siswa sekolah dasar di Makassar.
References
Behan, S., Belton, S., Peers, C., O’connor, N. E., & Issartel, J. (2022). Exploring the relationships between fundamental movement skills and health related fitness components in children. European Journal of Sport Science, 22(2), 171–181.
Chen, Y., Gu, Y., Tian, Y., Kim, H., Ma, J., Jia, X., & Qin, L. (2022). Developing a scale for measuring the fundamental movement skills of preschool children in China. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(21), 14257.
Hunt, K., Gurvitch, R., & Lund, J. L. (2016). Teacher evaluation: Done to you or with you? Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 87(9), 21–27.
Kalaja, S. P., Jaakkola, T. T., Liukkonen, J. O., & Digelidis, N. (2012). Development of junior high school students’ fundamental movement skills and physical activity in a naturalistic physical education setting. Physical Education and Sport Pedagogy, 17(4), 411–428.
Kezić, A. N. A., Šimunović, I., & Kalinski, S. D. (2020). Application of the TGMD-2 test in early school-age children for determining the level of fundamental movement skills in different sports. Journal of Physical Education and Sport, 20(2), 635–639.
Lubans, D. R., Morgan, P. J., Cliff, D. P., Barnett, L. M., & Okely, A. D. (2010). Fundamental movement skills in children and adolescents: review of associated health benefits. Sports Medicine, 40, 1019–1035.
Mercier, K., & Doolittle, S. (2013). Assessing student achievement in physical education for teacher evaluation. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 84(3), 38–42.
Metzler, M. W. (2014). Teacher effectiveness research in physical education: The future isn’t what it used to be. In Research Quarterly for Exercise and Sport (Vol. 85, Issue 1). https://doi.org/10.1080/02701367.2014.872932
Rink, J. E. (2013). Measuring teacher effectiveness in physical education. Research Quarterly for Exercise and Sport, 84(4). https://doi.org/10.1080/02701367.2013.844018
Zhang, X., Tang, C., Geng, M., Li, K., Liu, C., & Cai, Y. (2025). The effects of active play interventions on children’s fundamental movement skills: a systematic review. BMC Pediatrics, 25(1), 40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Zulfikar, Hasmyati Hasmyati, Andi Atssam Mappanyukki, Bustang Bustang, Muh. Ilham Aksir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.