PELATIHAN KECERDASAN BUATAN (AI) MELALUI CHATGPT DAN PERPLEXITY UNTUK MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN ADIK ASUH KAB (KAKAK ASUH BUDDHIS)
Keywords:
Artificial Intelligence, Chatbot, Interactive Learning, Natural Language ProcessingAbstract
Kecerdasan buatan (AI) merupakan perkembangan teknologi penting di era digital. Di kalangan pelajar, AI berbasis Natural Language Processing (NLP) populer karena kemampuannya berinteraksi secara alami. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan memperkenalkan konsep dasar AI dan meningkatkan literasi digital anak binaan Kakak Asuh Buddhis (KAB) dari Keluarga Mahasiswa Buddhis Palembang (KMBP). Pendekatan tatap muka edukatif digunakan melalui penyampaian materi, diskusi partisipatif, dan praktik chatbot AI seperti ChatGPT dan Perplexity. Anak-anak dari TK hingga SMA aktif berpartisipasi dan memahami materi dengan baik. Selain aspek teknis, kegiatan ini menanamkan kesadaran pentingnya penggunaan teknologi secara etis dan bertanggung jawab. Hasilnya menunjukkan pembelajaran interaktif mampu meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam memanfaatkan AI secara bijak untuk pembelajaran dan pengembangan diri.
References
Agustin Hanisyah, W., & Noriza Munahefi S.Pd., M. Pd. , D. (2024). Systematic Literature Review : Teori Belajar Konstruktivisme pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. PRISMA, 7, 731–738. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Bimantoro, A., Alifiyah Pramesti, W., Bakti, S. W., Samudra, A., & Amrozi, Y. (2021). Paradoks Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi di Era 5.0. Jurnal Teknologi Informasi, 7. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/TI
Cahyani, A., Widiyanti, A., Mariska Hardining Hapsari, D., Musta’in, M., & Yuwono, C. (2024). Peningkatan Kesadaran Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa SDN 01 Bergas Lor Kabupaten Semarang. Jurnal Bina Desa, 6.
Diantama, S. (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELEGENT (AI) DALAM DUNIA PENDIDIKAN. DEWANTECH, 1(1), 8–14.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779
Hamzah, H. (2025). PERAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PENINGKATAN BELAJAR SISWA. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNIPOL (Abdimas Unipol), 3(2).
Hanis, M., & Wahyudin, D. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Penyusunan Asesmen Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1199–1207. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2252
Candra Kirana, K., Adi Prasetya, J., & Wibawanto, S. (2023). Analisis ChatGPT dan Perplexity pada Mata Pelajaran Dasar Program Keahlian dengan Jaccard Similarity. Belantika, 6(1), 36–46.
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., & Susilawati, E. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat GPT Terhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research.
Paujiyah, N., & Shaffira Adistya, A. (2025). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) dalam Pembelajaran Personalisasi. Rumbio : Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 1.
Ratnadewi, Andrianto, H., Arlando Saragih, R., Prijono, A., Dewantho Sunoto, T., Susanthi, Y., & Janoto Jarden, J. (2023). Pelatihan Kecerdasan Buatan bagi Siswa-Siswi SMKN-4 Bandung. AKM : Aksi Kepada Masyarakat.
Robiul, D., Arya, I., & Zakariyya, A. (2023). MANFAAT KECERDASAN BUATAN UNTUK PENDIDIKAN. In Jurnal Teknologi Komputer dan Informatika | (Vol. 2).
Sahabuddin, R., Azhari, A., Natasya, W., Anugerah Annisa, M., Pratama Putra, Muh. D., & Marpia. (2025). Dampak Penggunaan AI dalam Meningkatkan Efisiensi Belajar Mahasiswa: Studi tentang Ketergantungan dan Kemampuan Kritis. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 2(3), 421–430. https://doi.org/10.61722/jrme.v2i3.4530
Salih, A. M., Ahmed, J. O., Hiwa, D. S., Salih, A. M., Salih, R. Q., Hassan, H. A., Mahmood, Y. M., Mohammed, S. H., & Abdalla, B. A. (2025). Assessment of Chat-GPT, Gemini, and Perplexity in Principle of Research Publication: A Comparative Study. Barw Medical Journal, 3(1), 2–6. https://doi.org/10.58742/bmj.v2i4.140
Sirinti Pongtambing, Y., Ekalaya Appa, F., Muh Amil Siddik, A., M Sampetoding, E. A., Admawati, H., Anestesia Purba, A., Sau, A., & Manapa, E. S. (2023). Peluang dan Tantangan Kecerdasan Buatan Bagi Generasi Muda. Baksi Sekawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.35746/bakwan
Sudaryanto, A. P., & Hanny, S. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik Menghadapi Kemajuan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Musamus Journal Of Public Administration.
Wijayanto, G., Rivai, Y., Bagus Made Wisnu Parta, I., & Amahoru, A. (2023). Pelatihan Teknis Penggunaan Aplikasi Artificial Inteligences (AI) Mentimeter Bagi Dosen Pemula Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Yang Interaktif Dan Inovatif. Journal of Human And Education, 3(3), 115–123.
Yulianti, G., & Santoso, S. (2024). Tantangan dan Peluang Integrasi Kecerdasan Buatan Generatif dalam Praktik Manajemen SDM. Jurnal Visi Manajemen. https://doi.org/10.56910/jvm.v10i1.522
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wilcent, Christian Bautista, Agnes Anastasia Putri, Samuel Effendi Pratama, Jolyn Lucretia, Chandra Saputra, Tinaliah, Triana Elizabeth

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.