IMPLEMENTASI PROGRAM MENTORSHIP ONLINE DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Wiji Aziz Hari Mukti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Kurnia Safitri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Hasnatul Mardia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Ocei Fitri Pirmadi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Nadia Wulandari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Marlina Febrianti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Triana Wulandari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Keywords:

Online Mentorship, Basic Mathematics, Learning Skills

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan belajar matematika siswa kelas rendah melalui implementasi program mentorship online. Kegiatan ini difokuskan pada penguasaan empat operasi dasar matematika, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu, program ini dirancang untuk mendorong interaksi siswa secara aktif, memberikan panduan belajar yang sistematis, serta melakukan monitoring kemajuan secara berkala. Pelaksanaan kegiatan berlangsung di Perumahan Villa Indah Pesona, RT 40, RW 09, Kecamatan Selebar, Kelurahan Sukarami, Kota Bengkulu, dengan melibatkan 10 anak-anak usia sekolah dasar kelas rendah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pendekatan mentorship online efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan siswa selama sesi pembelajaran, serta pemahaman mereka terhadap konsep dasar matematika secara signifikan. Program ini dapat menjadi alternatif bimbingan belajar berbasis teknologi di masa mendatang.

References

Astuti, D., & Ramadhan, A. (2022). Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran: Pendekatan adaptif dan kontekstual. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 45-58.

Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction. Harvard University Press.

Epstein, J. L. (2011). School, family, and community partnerships: Preparing educators and improving schools (2nd ed.). Routledge.

Piaget, J. (1970). Science of education and the psychology of the child. Orion Press.

Prasetyo, B. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi digital di era pandemi. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(1), 23-35.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wulandari, R. (2021). Pendekatan pembelajaran menyenangkan untuk meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 12-20.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Mukti, W. A. H., Safitri, K., Mardia, H., Pirmadi, O. F., Wulandari, N., Febrianti, M., & Wulandari, T. (2025). IMPLEMENTASI PROGRAM MENTORSHIP ONLINE DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1055–1061. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1030

Issue

Section

Articles