PENERAPAN GAMES EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN KEDEKATAN EMOSIONAL ANTARA ANAK DENGAN ORANG TUA DI PAUD MELATIH PUTIH KELURAHAN TANJUNG SELAMAT

Authors

  • Chandra Wahyudi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Azur Aini Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Camelia Tampubolon Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Chindi Emiya Pepayoca Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Deby Elystiadi Dalimunte Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dewi Febriana Purba Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Disty Khairani Ikhwana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nurhafni Siregar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ika Sandra Dewi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Keywords:

Cognitive Development, Emotional Bonding, Educational Games

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif dan kedekatan emosional antara anak dan orang tua melalui penerapan games edukatif. Kegiatan dilaksanakan di PAUD Melatih Putih, Kelurahan Tanjung Selamat, dengan melibatkan orang tua dari siswa PAUD sebagai peserta. Metode yang digunakan mencakup penyampaian materi, demonstrasi, dan praktif langsung berbagai jenis games edukatif  seperti games Topik (Tutup Botol Pintar Kata) dan games Cocok pasang. Evaluasi dilakukan melalui angket pre test dan post test untuk mengukur perubahan perilaku dan keterlibatan orang tua dirumah. Hasil menunjukkan adanya peningkatan penerapan games edukatif  dari 60% menjadi 70% setelah pelatihan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan bermain di fase golden age pada anak dapat menjadi media yang efektif dalam membangun stimulai kognitif anak sekaligus memperkuat hubungan emosional antara anak dan orang tua. Pelatihan ini diharapkan menjadi model pembelajaran keluarga yang aplikatif dan menyenangkan.

References

Amseke, F. V., & Radja, P. L. (2023). Peran Parent Adolescent Relationship Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja. Journal of Psychology Humanlight, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.51667/jph.v4i2.1640

Fatmasari, A. F., & Nurhayati, N. F. (2020). Kedekatan Ibu-Anak Di Era Digital: Studi Kualitatif Pada Anak Usia Emerging Adult. Jurnal EMPATI, 9(5), 384–397. https://doi.org/10.14710/empati.2020.29262

Herdina, I. (2016). Psikologi perkembangan dan pendidikan anak usia dini sebuah bunga rampai. Jakarta: Prenadamedia Group.

Indarwarti, A. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Melalui Beberapa Metode. Psycho Idea, Vol.15 No., 109–118.

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 196–207. http://repository.uingusdur.ac.id/3/1/Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif.pdf

Maisyarah, Anizar Ahmad, B. (2017). Peran Ayah Pada Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Keluarga Di Kecamatan Darussalam, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 50–61.

Marinda, L. (2020). Kognitif dan Problematika. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152.

Nasirun, M., Anni Suprapti, Melia Eka Daryati, and Indrawati Indrawati. 2021. “Kesesuaian Alat Permainan Edukatif Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak.” Aulad: Journal on Early Childhood 4 (3): 200– 206. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i 3.150.

Novita, D., Amirullah, & Ruslan. (2016). Peran Orang Tua dalam Perkembangan, Meningkatkan Dini, Usia Desa, di Pinang, Air Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1, 22–30.

Novitasari, Y. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82–90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Ngadi, E.M., & Efendi, M. (2019). Pengaruh Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Perkembangan Bahasa Lisan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 291-N304

Perdian Muhamad Thoha, Rizki Puja Kurniawan, & Andhita Risko Faristiana. (2023). Perubahan Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Di Era Digital. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 415–431. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1682.

Rahmawati, A., & Dewi, I. P. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2705–2712. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1805

Safitra, R. P., Wilson, & Putri, E. A. (2021). Perbedaan antara Kepribadian Introvert dan Ekstrovert terhadap Tingkat Depresi pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Angkatan 2017 Universitas Tanjung Pura. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 4(1).

Tika Kartina. 2022. “Kesadaran Penggunaan Barang Bekas Sebagai Alat Permainan Edukasi Anak (Penelitian Kualitatif Di Desa Cibuntu Cibitung Bekasi).”

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2658

Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44.

https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/320

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Wahyudi, C., Harahap, A. A., Tampubolon, C., Pepayoca, C. E., Dalimunte, D. E., Purba, D. F., Ikhwana, D. K., Siregar, N., & Dewi, I. S. (2025). PENERAPAN GAMES EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN KEDEKATAN EMOSIONAL ANTARA ANAK DENGAN ORANG TUA DI PAUD MELATIH PUTIH KELURAHAN TANJUNG SELAMAT. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1305–1316. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1027

Issue

Section

Articles