LINGKUNGAN TPQ SEBAGAI SARANA INTERNALISASI NILAI AKHLAK MULIA PADA ANAK DI TPQ AL IKHLAS KOTA BENGKULU
Keywords:
TPQ Environment, Noble Character, Value InternalizationAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat peran lingkungan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sebagai sarana internalisasi nilai-nilai akhlak mulia pada anak-anak. Mitra dalam kegiatan ini adalah TPQ Al Ikhlas Kota Bengkulu yang selama ini dikenal aktif dalam pembinaan karakter anak berbasis nilai-nilai Islam. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, serta pendampingan langsung dalam aktivitas pembelajaran dan pembiasaan keagamaan. Sasaran kegiatan meliputi ustadz/ustadzah, peserta didik kelas dasar, dan pengelola TPQ. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa lingkungan TPQ yang terstruktur dan religius memberikan kontribusi signifikan dalam menanamkan nilai-nilai akhlak melalui berbagai kegiatan seperti salat berjamaah, tilawah rutin, serta kegiatan edukatif Islami lainnya. Keteladanan ustadz/ustadzah juga terbukti efektif dalam membentuk perilaku positif anak-anak. Internalisasi nilai dilaksanakan secara bertahap melalui proses transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model penguatan karakter anak melalui optimalisasi lingkungan TPQ.
References
Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 3(1), 1–9.
Djama'an Satori & Aan Komariah. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Fadillah, A. (2021). Tingkat Keberhasilan Pendidikan Al-Qur'an di TPQ di Indonesia. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press.
Fitriani. (2022). Kendala dan Solusi dalam Pembelajaran Al-Qur'an di TPQ. Bandung: UIN Bandung Press.
Hamid, A. (2022). Pengaruh Keberadaan Pengajar terhadap Efektivitas Pembelajaran di TPQ. Jakarta: UI Press.
Hasanah, N. (2023). Tajwid dan Pengajarannya pada Anak-anak di TPQ. Jakarta: Kencana.
Hidayat, S. (2023). Kurikulum dalam Pendidikan Al-Qur'an: Pendekatan Lokal dan Fleksibilitas. Bandung: Alfabeta.
Husna, L. (2024). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pendidikan Al-Qur'an: Peluang dan Tantangan di TPQ Indonesia. Bandung: ITB Press.
Latif, A. (2021). Penguasaan Makharijul Huruf dalam Pendidikan Al-Qur'an. Bandung: Pustaka Amanah.
Mudzkirah & Rivauzi, A. (2024). Adab-Adab Mu’allim (Pengajar) dan Muta’alim (Pelajar) Perspektif Imam an-Nawawi dalam Kitab at-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an dan Relevansinya dengan Pendidikan Adab Masa Kini. Anwarul, 4(1), 480–487.
Risnandar, A. (2022). Metode Pembelajaran Iqra' dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Baca Al-Qur'an Anak di Indonesia. Jakarta: UI Press.
Suryadi. (2023). Pengumpulan Data Kualitatif: Teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Jakarta: Rajawali Press.
Wahyudi, M. A. (2023). Efektivitas Metode Iqra’ di TPQ Darul Fallah 2 Mojowarno Jombang. Surabaya: Universitas Airlangga.
Wahyudi, M. A. (2024). Efektivitas Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur'an. Surabaya: Airlangga University Press.
Wahyudi, S. (2024). Evaluasi dalam Pendidikan Al-Qur'an. Yogyakarta: Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andini fadlilah, Ririn Fitria, Mujahidah Nurizati, Susilawati Susilawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.