WORKHOP PEMBUATAN KONTEN EDUKASI DIGITAL DI SD NEGERI 106 KOTA BENGKULU

Authors

  • Selvi Monika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Fhinda Alphadila Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Dita Hayati Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno
  • Masrifah Hidayani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno

Keywords:

digital learning media, Participatory Action Research (PAR), educational technology

Abstract

Di era digital saat ini, integrasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan menjadi penting untuk menciptakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan efektif. Namun, guru-guru di SDN 106 Kota Bengkulu masih menghadapi kendala dalam memanfaatkan TIK secara optimal akibat keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan media pembelajaran digital. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru melalui workshop pembuatan konten edukasi digital menggunakan aplikasi Capcut, Canva, dan Quizizz. Kegiatan dilaksanakan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan guru secara aktif dalam seluruh tahapan, mulai dari identifikasi masalah hingga evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan guru dalam merancang media pembelajaran digital yang menarik dan berorientasi pada siswa. Partisipasi aktif guru juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih kontekstual dan bermakna. Metode PAR terbukti efektif dalam mendorong perubahan dan memberdayakan guru sebagai agen inovasi dalam pendidikan berbasis teknologi.

References

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ferry, D., & Kamil, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Media Video Animasi Tiga Dimensi (3D). Pedagogi Hayati, 3(2), 1–11.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Muhaimin, A., Suparman, A., & Susilo, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 123-131.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Monika, S., Alphadila, F., Hayati, D., & Hidayani, M. (2025). WORKHOP PEMBUATAN KONTEN EDUKASI DIGITAL DI SD NEGERI 106 KOTA BENGKULU . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 1011–1020. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1019

Issue

Section

Articles