AKTUALISASI NILAI PANCASILA “KETUHANAN YANG MAHA ESA” KEPADA ANAK-ANAK MDTA WASILATUL FALAH, KEC. RANCAEKEK, KAB. BANDUNG

Authors

  • Fanisa Asyatilah Rusli UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Septya Rizki Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Kholisah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M. Irfan Maulana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M. Rafli Aulia Amin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Qotrun Nada Hafsah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fajar Caesar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rivan Nurvadila Putra UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Zaki Fajrani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dian Herdiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Teaching, Actualization, Young Generation

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan spiritualitas dan pemahaman agama yang lebih mendalam kepada generasi penerus bangsa dengan mengajarkan materi tentang tauhid mulai dari sifat-sifat Allah yang wajib dan yang mustahil. Kegiatan aktualisasi ini dilaksanakan di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung dengan jangka waktu kurang lebih seminggu selama bulan November 2024. Program ini khusus untuk anak-anak MDTA Wasilatul Falah yang berusia kelas 3 sampai dengan kelas 6 SD. Dalam pelaksanaannya, kami menyampaikan materi dengan berbagai inovasi dan kreasi melalui lagu dan berbagai permainan agar mudah dihafal dan tidak mudah bosan. Untuk sejauh mana pemahaman anak terhadap apa yang disampaikan, juga diadakan sesi tanya jawab sehingga kami dapat mengukur sejauh mana kemampuan mereka selama pembelajaran. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain: meningkatkan pemahaman siswa terhadap sifat-sifat Allah, menanamkan nilai-nilai keimanan dan tanggung jawab, serta mendorong penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Materi dan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.

Fatihah, K., Hidayat, M. A., Rosidah, M., Abdilah, M., Zulfikar, M. T., Rahman, N. D. F., ... & Herdiana, D. (2022). Pengenalan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6293–6302.

Fikri, A. (2024). Generasi muda: Pandangan para ahli. RedaSamudera.id. Diakses pada 27 Februari 2024 dari https://redasamudera.id

Furqon, A. (2020). Tantangan pendidikan nilai di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 101–112.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kaelan. (2000). Pendidikan Pancasila (hlm. 12). Yogyakarta: Paradigma.

Kaelan. (2013). Negara kebangsaan Pancasila: Kultural, historis, filosofis, dan yuridis konstitusional (hlm. 45). Yogyakarta: Paradigma.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2015). Pedoman penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Suyadi. (2013). Teori pembelajaran anak usia dini dalam kajian neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun PKn. (2008). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Zamroni. (2011). Pendidikan kewarganegaraan untuk membangun masyarakat madani. Yogyakarta: Ombak.

Zuhairini, dkk. (1994). Pendidikan agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Rusli, F. A., Utami, S. R., Kholisah, Maulana, M. I., Amin, M. R. A., Hafsah, Q. N., Caesar, F., Putra, R. N., Fajrani, Z., & Herdiana, D. (2025). AKTUALISASI NILAI PANCASILA “KETUHANAN YANG MAHA ESA” KEPADA ANAK-ANAK MDTA WASILATUL FALAH, KEC. RANCAEKEK, KAB. BANDUNG. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 985–992. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1014

Issue

Section

Articles