AKTUALISASI NILAI PANCASILA “KETUHANAN YANG MAHA ESA” KEPADA ANAK-ANAK MDTA WASILATUL FALAH, KEC. RANCAEKEK, KAB. BANDUNG
Keywords:
Teaching, Actualization, Young GenerationAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan spiritualitas dan pemahaman agama yang lebih mendalam kepada generasi penerus bangsa dengan mengajarkan materi tentang tauhid mulai dari sifat-sifat Allah yang wajib dan yang mustahil. Kegiatan aktualisasi ini dilaksanakan di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung dengan jangka waktu kurang lebih seminggu selama bulan November 2024. Program ini khusus untuk anak-anak MDTA Wasilatul Falah yang berusia kelas 3 sampai dengan kelas 6 SD. Dalam pelaksanaannya, kami menyampaikan materi dengan berbagai inovasi dan kreasi melalui lagu dan berbagai permainan agar mudah dihafal dan tidak mudah bosan. Untuk sejauh mana pemahaman anak terhadap apa yang disampaikan, juga diadakan sesi tanya jawab sehingga kami dapat mengukur sejauh mana kemampuan mereka selama pembelajaran. Manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini antara lain: meningkatkan pemahaman siswa terhadap sifat-sifat Allah, menanamkan nilai-nilai keimanan dan tanggung jawab, serta mendorong penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Materi dan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Depdiknas.
Fatihah, K., Hidayat, M. A., Rosidah, M., Abdilah, M., Zulfikar, M. T., Rahman, N. D. F., ... & Herdiana, D. (2022). Pengenalan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(5), 6293–6302.
Fikri, A. (2024). Generasi muda: Pandangan para ahli. RedaSamudera.id. Diakses pada 27 Februari 2024 dari https://redasamudera.id
Furqon, A. (2020). Tantangan pendidikan nilai di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 101–112.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kaelan. (2000). Pendidikan Pancasila (hlm. 12). Yogyakarta: Paradigma.
Kaelan. (2013). Negara kebangsaan Pancasila: Kultural, historis, filosofis, dan yuridis konstitusional (hlm. 45). Yogyakarta: Paradigma.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2015). Pedoman penyelenggaraan Madrasah Diniyah Takmiliyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Suyadi. (2013). Teori pembelajaran anak usia dini dalam kajian neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun PKn. (2008). Pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Zamroni. (2011). Pendidikan kewarganegaraan untuk membangun masyarakat madani. Yogyakarta: Ombak.
Zuhairini, dkk. (1994). Pendidikan agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fanisa Asyatilah Rusli, Septya Rizki Utami, Kholisah, M. Irfan Maulana, M. Rafli Aulia Amin, Qotrun Nada Hafsah, Fajar Caesar, Rivan Nurvadila Putra, Zaki Fajrani, Dian Herdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.