PELATIHAN MENDESAIN POSTER MENGGUNAKAN MEDIA CANVA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR
Keywords:
Desain Grafis, Canva, Kreativitas Siswa, Pembelajaran Berbasis Teknologi, Media Digital dalam PembelajaranAbstract
Pelatihan mendesain poster menggunakan media Canva bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Makassar melalui penerapan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. Rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam mengerjakan tugas visual dan kurangnya pemanfaatan media digital dalam pembelajaran menjadi latar belakang pelatihan ini. Siswa diberikan pemahaman dasar mengenai desain grafis serta keterampilan praktiks dalam menggunakan aplikasi Canva sebagai media kreatif. Metode yang digunakan adalah pretest-posttest dalam satu kelompok, dengan hasil menunjukkan bahwa penggunaan Canva secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan desain siswa. Pelatihan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi mampu memberikan hasil lebih efektif dibandingkan metode konvensional.
References
Chairunnisa, K., & Sundi, V, H. (2021). Pelatihan penggunaan Aplikasi Canva Dalam Pembuatan Poster Pada Siswa Kelas X SMAN 8 Tangsel. InProsiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1-4
Kusumawati, A., Hidayati, S., Riski, R., Arif, M. Z., Rahmatullah, R., & Salsabilla, A. N. (2023). Pelatihan Desain Poster Menggunakan Canva Bagi Siswa SMA Negeri 1 Surabaya. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(2), 145-154.
Tanjung, R.E., dan Faiza, D. (2019). Canva sebagai media Pembelajaran pada Mata Pelajaran dasar Listrik dan Elektronik. Journal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79-85.
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. FORDICATE, 2(1), 192-199.
Zulhandayani, F. (2023). Canva sebagai Media Peningkatan Kreativitas Mendesain Iklan Slogan dan Poster pada Model Project-Based Learning. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 126-131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melinda Melinda, Yunitari Mustikawati, Inayah Zaini Magfirah, Viqqy Nur Zahra, Mahayaya Fuaidah, Aisyah Ariyani Nurfatikah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.