PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE DENGAN GOOGLE SITES BAGI SISWA/I SEKOLAH MINGGU BUDDHA CETYA BUKIT MAITREYA

Authors

  • WIlliam Hidayat Universitas Multi Data Palembang
  • Reni Aurelia Universitas Multi Data Palembang
  • Daniel Wijaya Universitas Multi Data Palembang
  • Nyimas Nisrinaa Kamilah Universitas Multi Data Palembang
  • Jesen Ong Universitas Multi Data Palembang
  • Inayatullah Universitas Multi Data Palembang

Keywords:

Google Sites, Literasi digital, Pelatihan anak, Sekolah Minggu, Website

Abstract

Pelatihan Google Sites ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam membuat website sederhana kepada anak-anak Sekolah Minggu di Cetya Maitreya Palembang. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya pemahaman anak-anak terhadap penggunaan teknologi untuk menyampaikan informasi secara digital. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta dengan kemampuan membuat website sederhana melalui platform Google Sites yang mudah diakses dan digunakan. Metode pelaksanaan berupa penyampaian materi, demonstrasi langsung, dan praktik mandiri yang disesuaikan dengan usia peserta. Kegiatan diawali dengan ice breaking berupa tebak gambar anomali untuk meningkatkan minat belajar peserta. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa seluruh peserta mampu membuat website sederhana menggunakan Google Sites secara mandiri, serta menunjukkan peningkatan pemahaman dan antusiasme dalam menggunakan teknologi digital secara positif. Pelatihan ini memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan literasi digital peserta sejak usia dini.

References

Anderson, T. (2008). The theory and practice of online learning. AU Press.

Buckingham, D. (2007). Digital media literacies: Rethinking media education in the age of the Internet. Research in Comparative and International Education, 2(1), 43–55. https://doi.org/10.2304/rcie.2007.2.1.43

De Pablos, J., Fernández, J. M., & López, M. M. (2020). ICT, education, and digital competencies: A training model for virtual teaching. Sustainability, 12(23), 10395. https://doi.org/10.3390/su122310395

Hennessy, S., Deaney, R., Ruthven, K., & Winterbottom, M. (2005). Pedagogical strategies for using the interactive whiteboard to foster learner participation in school science. Learning, Media and Technology, 32(3), 283–301. https://doi.org/10.1080/17439880701511040

Livingstone, S., Haddon, L., Görzig, A., & Ólafsson, K. (2011). Risks and safety on the internet: The perspective of European children. EU Kids Online.

OECD. (2019). Trends Shaping Education 2019. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/trends_edu-2019-en

Rahayu, R. S., Nugroho, R. A., & Puspitasari, Y. (2023). Digital skills for Gen-Z: Enhancing adaptive capacity through digital literacy education. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 12(2), 101–110.

Redecker, C. (2017). European framework for the digital competence of educators: DigCompEdu. Publications Office of the European Union. https://doi.org/10.2760/159770

Selwyn, N. (2012). Education in a digital world: Global perspectives on technology and education. Routledge.

Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). New technology and digital worlds: Analyzing evidence of equity in access, use, and outcomes. Review of Research in Education, 34(1), 179–225. https://doi.org/10.3102/0091732X09349791

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Hidayat, W., Reni Aurelia, Daniel Wijaya, Nyimas Nisrinaa Kamilah, Jesen Ong, & Inayatullah. (2025). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE DENGAN GOOGLE SITES BAGI SISWA/I SEKOLAH MINGGU BUDDHA CETYA BUKIT MAITREYA. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(03), 947–954. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/1003

Issue

Section

Articles