MENGGALI POTENSI DAN MENINGKATKAN SEMANGAT RELIGIUS SISWA-SISWI MADRASAH DI KELURAHAN KILASAH MELALUI GEBYAR ANAK KILASAH SHOLEH
Keywords:
Potensi, Semangat, ReligiusAbstract
Kelurahan Kilasah, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, dinilai sebagai masyarakat yang reiligius. Berdasarkan hasil pengamatan, baik tokoh masyarakat, warga, serta anak-anak di Kelurahan Kilasah sangat menjunjung tinggi etika, nilai moral, serta pengamalan dalam beribadah. Menurut sejarah, Kilasah merupakan salah satu Kelurahan di Kecamatan Kasemen yang ditinggali para Ulama, Kiyai dan dan Ustadz yang memiliki kedalaman ilmu agama. Mayoritas penduduknya beragama Islam, hampir di setiap kampungnya memiliki pesantrn salafiah, madrasah dan lembaga pendidikan ilmu agama Islam. Hanya saja potensi tersebut dibiarkan tumbuh secara alamiah, tidak ada wadah yang fokus untuk menggali potensi dan bakat kegamaan tersebut secara serius dan kompetitif. Maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan stimulasi, fasilitas, latihan dalam menggali potensi dan bakat di bidang agama mereka yang unggul, agar ditemukan bibit-bibit unggul yang bisa dilatih dan dikembangkan di tingkat yang lebih tinggi bahkan sampai tingkat nasional. Oleh karena itu, kegiatan ‘Gebyar anak Kilasah Sholeh’ yang berisi perlombaan kegamaan tingkat madrasah di Kelurahan Kilasah ini diadakan sebagai metode penggalian potensi dan meningkatkan semangat religius mereka. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut yakni meningkatnya semangat, rasa percaya diri, dan antusias berkompetisi serta didapatkannya calon-calon juara di tingkat melalui penilaian secara objektif dari masing-masing peserta di setiap cabang lomba. Tokoh masyarakat, Utstadz dan warga memberikan penilaian yang positif, karena peserta lomba menunjukkan peingkatan kemampuan mereka di bidnag keagaman di banding sebelumnya, serta mendukung program yang relevan dengan nilai-nilai keagaaman yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat.
References
Bahri, & Alam. (2023). Menggali Potensi dan Mneingkatkan Semangat Religiusitas Anak-anak Desa Cempaka Mulia Timur Melalui Festival Anak Sholeh. E-JOIN Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(9).1058-1065
Hasan, A. (2018). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ciamis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.
Hidayah, S. (2019). Meningkatkan Kepercayaan Diri Santri Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam.
Manurung. (2024). Kegiatan Perlombaan Bagi Anak-anak: Upaya Meningkatkan Percaya diri Siswa Mengikuti Perlombaan. 4 (2). 699-707
Maryani & Noveryal, (2019). Penyelenggaraan festival anak sholeh di Dusun Seropan I, Desa Munthuk, Kecamatan Dlingo. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 3.(2) 132.
Ni’mah, Markhamatun (2023). Festival Anak Sholeh sebagai Sarana Penanaman Nilai Religius di Dusun Kunden, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Bangun Desa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (1). 1
Oktavia, Nita. (2023). Cara Mengetahui Bakat Anak Sedini Mungkin ttps://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/cara-mengetahui-bakat-anak-sedini-mungkin
Pasaribu & Harahap (2022). Penyuluhan Gaya Berpakaian Islami Kepada Anak Melalui Kegiatan Fashion Show Antar PAUD Se-Kecamatan Marancar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA). 4.(3).184.
Purniawan & Piant. (2019). Menanamkan Pendidikan Agama Melalui Lomba Adzan di Taman Pendidikan Al Quran (TPA) di Dusun Sukoharjo Desa Widoro. Journal of Social Empowerment. 4.(1 ). 391–394.
Samaroh, Siti. (2024). Peran Kelompok PKM Mahasiswa dalam Meningkatkan Kepercayaan diri Santri Melalui Lomba Keagamaan antar TPQ di Desa Nagasari. KHAZANAH: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 4 (1). 37-50
Subhin, (2017). Membentuk Akhlaqul Karimah pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 5 (1). 47–73.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ulinnuha, Fatimah, Ahmad Gani, Ahmad Gani, Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.