MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR PARA MURID DI SMP NEGERI 1 TELUK DALAM KABUPATEN NIAS SELATAN UNTUK MERAIH PENDIDIKAN TINGGI HINGGA JENJANG MAGISTER

Authors

  • Ronnie TM Sirait Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Eva Solita Pasaribu Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Adilman La'ia Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Feberman Hulu Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Fridawati Maduwu Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Geseran Loi Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Krisman Lase Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Martinus Ndruru Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Desy. R.S. Kalit Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Abu Sofian Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Pentingnya Pendidikan, S1 menuju S2, Pendidikan Tinggi, USM

Abstract

Menjadi keharusan untuk mengeyam pendidikan. Wajib belajar 12 tahun yaitu jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA. Penting untuk melanjutkan jenjang pendidikan S1 maupun S2. Melanjutkan jenjang S1 dan S2 akan meningkatkan hard skill dan soft skill. Universitas Sari Mutiara Indonesia dalam hal ini Program Studi S2 Manajemen merasa bahwa apa yang menjadi visi dari SMP Negeri 1 Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan menjadi tanggung jawab untuk mewujudkannya. Adapun tahapan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan perencanaan, persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan penutupan. Kegiatan workshop di SMP Negeri 1 Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan berjalan dengan lancar. Pemateri mengajukan beberapa pertanyaan mengenai pengertian pendidikan,  karakteristik pendidikan, kuliah, perencanaan pendidikan yang baik dan benar. Setelah menggali pengetahuan dasar kemudian pemateri mulai memaparkan materi pentingnya melanjutkan jenjang pendidikan ke Sarjana dan Magister. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat terlaksana dengan baik. Mendapatkan respon yang antusias. Didapatkan 3 pertanyaan terkait materi dan mengharapkan ada kegiatan kembali.

References

Elitasari, H.T. (2022) ‘Analisis Konsep Guru Penggerak: Pandangan Ki Hajar Dewantara’, As-Sibyan, 5(2), pp. 79–91.

Febriyanti, N. (2021) ‘Implementasi konsep pendidikan menurut ki hajar dewantara’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), pp. 1631–1637.

Hamdani, A.D., Nurhafsah, N. and Silvia, S. (2022) ‘Inovasi pendidikan karakter dalam menciptakan generasi emas 2045’, JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(3), pp. 170–178.

Irawati, D., Masitoh, S. and Nursalim, M. (2022) ‘Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka’, JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Lestari, S.O. and Kurnia, H. (2022) ‘Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter’, Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), p. 25.

Novelina, M. and Muzakki, M.A. (2021) ‘Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Sarjana Professional: Skill, Potensi Diri Dan Berfikir Positif’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), pp. 536–563.

Purba, R.A. (2018) ‘Memprediksi Prestasi Mahasiswa Politeknik Unggul LP3M dengan Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan dan Fuzzy’, SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 6(1), pp. 2–12.

Purba, R.A. (2021a) ‘Efektivitas Aplikasi UAS Online Dalam Menjaga Mutu Perkuliahan di Masa Pendemi COVID-19’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(2), pp. 185–194.

Purba, R.A. (2021b) ‘Efektivitas Pemanfaatan Media E-Learning Dengan Moodle Dalam Menjaga Mutu Pembelajaran Saat Belajar Dari Rumah’, Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2).

Purba, R.A. (2021c) ‘The Effectiveness Combination of Blended Learning and Flipped Classroom with Edmodo as a Digital Media Innovation for Learning From Home’, Journal of Education Technology, 5(3).

Purba, R.A. (2022) ‘Hybrid Models with Technology: Is it Effective for Learning in Abnormal Situations?’, Journal of Education Research and Evaluation, 6(1).

Purba, R.A. et al. (2022) Model dan Aplikasi Pembelajaran: Inovasi Pembelajaran Di Situasi Tidak Normal. Yayasan Kita Menulis.

Purba, R.A. and Verawardina, U. (2021) ‘Deteksi Mahasiswa Yang Dapat Menyusun Tugas Akhir dengan Metode Visekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR)’, Techno. Com, 20(2), pp. 210–220.

Shalehah, H.N. et al. (2024) ‘Edukasi Penggunaan Media Sosial Sebagai Penyalur Berita Demi Menigkatkan Critical Thinking Pada Siswa Smp Islam Darussalam Palangka Raya’, Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), pp. 717–722.

Tambunan, W. (2020) ‘65 Tahun Hidup Dalam Kebhinekaan: Pandangan Kritis Dari Sisi Pendidikan Politik’. Literasi Nusantara.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

TM Sirait, R., Eva Solita Pasaribu, Adilman La’ia, Feberman Hulu, Fridawati Maduwu, Geseran Loi, Krisman Lase, Martinus Ndruru, Desy. R.S. Kalit, & Abu Sofian. (2024). MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR PARA MURID DI SMP NEGERI 1 TELUK DALAM KABUPATEN NIAS SELATAN UNTUK MERAIH PENDIDIKAN TINGGI HINGGA JENJANG MAGISTER. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 1067–1073. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/538

Issue

Section

Articles