IDENTIFIKASI DAN PENDAMPINGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KECAMATAN CIKARANG TIMUR, KABUPATEN BEKASI
Keywords:
Identifikasi, Pendampingan, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk melatih agar para pendidik menemukan cara baru dalam mengidentifikasi dan pendampingan dalam memformulasikan, dan menangani anak berkebutuhan khusus yang dihadapi pendidik di wilayah Cikarang Timur. Metode kegiatan yang digunakan meliputi metode pelatihan serta observasi berbasis partisipatif dan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi pendidik dan perubahan pengetahuan serta perbaikan dalam pendampingan anak berkebutuhan khusus. Latar belakang bahwa guru membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam menangani Anak Berkebutuhan Khusus. Pengetahuan dan pemahaman tentang anak berkebutuhan khusus ini seharusnya dimiliki guru jika guru berlatar belakang dari pendidikan luar biasa, namun pada kenyataanya guru PAUD banyak yang bukan berlatar belakang pendidikan khusus dan belum mendapatkan pelatihan khusus tentang anak berkebutuhan khusus.Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pendidik dapat memahami, menerapkan dan melakukan peningkatan pengetahuan dan peterampilan, peningkatan kualitas pembelajaran, monitoring dan evaluasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus.
References
Abosi, Okey & Koay, T. (2008). Attaining Development Goal of Children with Disabilities: Implication for Inclusive education. InternationalJournal of Special Education.
Ningtyas, A. F. A. martha. (2021). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas widya dharma klaten 2021.
Rapisa, D. R. (2018). Kemampuan Guru Dalam Melakukan Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus. Pedagogia, 16(1), 16. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10731
Suharmini, T. (2005). Penanganan anak hiperaktif. Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Widiastuti, S., Suwitri, S., Warella, Y., & Haryono, . (2017). Evaluation of the Implementation of the Educational Inclusion of Junior High School Level in Central Java Constructs. Journal of Social Science Studies, 4(2), 1. https://doi.org/10.5296/jsss.v4i2.10694
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nita Priyanti, Atikah Adi Sasmita, Deria Suryani, Faridah Anum, Husnul Hotimah, Noor Ishma, Yunita Rahmati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.