PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI GUNGGUNG
Keywords:
Kurikulum Merdeka, SDAbstract
SD Negeri Gung Gung memiliki 114 siswa dan menerapkan Kurikulum Merdeka, yang merupakan kurikulum fleksibel dengan fokus pada pengembangan karakter dan kemampuan siswa. Kurikulum ini membantu pemulihan pembelajaran dengan memberikan ruang lebih bagi siswa. Pendekatan Kurikulum Merdeka meliputi pengembangan karakter dan keterampilan siswa, pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Kurikulum ini sesuai dengan visi pendidikan Indonesia untuk mencapai profil peserta didik Pancasila yang berkarakter dan kompeten secara global. Kurikulum Merdeka dirancang untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan di abad ke-21, seperti kemampuan beradaptasi, pemecahan masalah, dan inovasi. Implementasi kurikulum ini di SD Negeri GungGung merupakan langkah penting dalam mencapai visi pendidikan berkualitas dan berkarater di Indonesia.
References
Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6). https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.995
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714
Prijambodo, R. F. N., Handayani, N. F., Wajnah, Meylani, Y., Hikmah, N., & Sutingkir, F. L. (2024). Teknologi Augmented Reality: Apakah memiliki pengaruh terhadap peningkatkan minat belajar siswa dalam menyajikan materi pembelajaran? Journal on Education, 6(3), 17664–17671.
Punggeti, R. N. (2022). Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1649
Punggeti, R. N., Prijambodo, R. F. N., & Azizah, L. F. (2024). MODEL BSB (BERMAIN SEMBARI BELAJAR) GUNA MENDUKUNG PROGRAM NUMERASI DI MI NURUL IMAN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 11–16. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/375
Punggeti, R. N., & Puniman, A. (2022). PENDAMPINGAN PROGRAM PARENTING EDUCATION DAN INDIVIDUAL LEARNING DI SDIT AL-WATHONIYAH. Indonesian Journal of Economic Community Development, 2(1). https://doi.org/10.25105/ijecd.v2i1.10377
Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raden Firman Nurbudi Prijambodo, Ratna Novita Punggeti, Lutfiana Fazat Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.