PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI GUNGGUNG

Authors

  • Raden Firman Nurbudi Prijambodo Universitas Wiraraja
  • Ratna Novita Punggeti Universitas Wiraraja
  • Lutfiana Fazat Azizah Universitas Wiraraja

Keywords:

Kurikulum Merdeka, SD

Abstract

SD Negeri Gung Gung memiliki 114 siswa dan menerapkan Kurikulum Merdeka, yang merupakan kurikulum fleksibel dengan fokus pada pengembangan karakter dan kemampuan siswa. Kurikulum ini membantu pemulihan pembelajaran dengan memberikan ruang lebih bagi siswa. Pendekatan Kurikulum Merdeka meliputi pengembangan karakter dan keterampilan siswa, pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Kurikulum ini sesuai dengan visi pendidikan Indonesia untuk mencapai profil peserta didik Pancasila yang berkarakter dan kompeten secara global. Kurikulum Merdeka dirancang untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan di abad ke-21, seperti kemampuan beradaptasi, pemecahan masalah, dan inovasi. Implementasi kurikulum ini di SD Negeri GungGung merupakan langkah penting dalam mencapai visi pendidikan berkualitas dan berkarater di Indonesia.

References

Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6). https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.995

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Prijambodo, R. F. N., Handayani, N. F., Wajnah, Meylani, Y., Hikmah, N., & Sutingkir, F. L. (2024). Teknologi Augmented Reality: Apakah memiliki pengaruh terhadap peningkatkan minat belajar siswa dalam menyajikan materi pembelajaran? Journal on Education, 6(3), 17664–17671.

Punggeti, R. N. (2022). Pembiasaan Bermain Anak Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Karakter Positif Anak Di SDN Babbalan Batuan Sumenep. Jurnal Ilmiah Jendela Pendidikan, 11(2). https://doi.org/10.55129/jp.v11i2.1649

Punggeti, R. N., Prijambodo, R. F. N., & Azizah, L. F. (2024). MODEL BSB (BERMAIN SEMBARI BELAJAR) GUNA MENDUKUNG PROGRAM NUMERASI DI MI NURUL IMAN. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 11–16. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/375

Punggeti, R. N., & Puniman, A. (2022). PENDAMPINGAN PROGRAM PARENTING EDUCATION DAN INDIVIDUAL LEARNING DI SDIT AL-WATHONIYAH. Indonesian Journal of Economic Community Development, 2(1). https://doi.org/10.25105/ijecd.v2i1.10377

Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Raden Firman Nurbudi Prijambodo, Ratna Novita Punggeti, & Lutfiana Fazat Azizah. (2024). PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI GUNGGUNG . Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(03), 805–820. Retrieved from https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/496

Issue

Section

Articles