MATEMATIKA DALAM BATIK JUMPUTAN: PELATIHAN PADA SISWA SD BARENG 3 KOTA MALANG
Keywords:
Bangun Datar, Batik JumputanAbstract
Bagi siswa SD, matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Sementara, siswa SD masih berada pada tahapan operasional konkrit. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk menyajikan matematika dalam bentuk-bentuk konkrit atau semi konkrit agar matematika bagi siswa SD merupakan hal yang menyenangkan. Materi bangun datar disajikan mulai kelas 1 sampai kelas 6 sehingga merupakan materi penting bagi siswa SD. Media yang dapat digunakan untuk mengenalkan bangun datar sekaligus mengasah kreatifitas adalah batik jumputan. Oleh karena itu, diadakan pelatihan membuat batik jumput yang selain untuk mengenal bangun datar juga mengasah kreatifitas siswa. Pada SD Bareng 3 Kota Malang terdapat ekstrakurikuler menggambar, sehingga wadah itu menjadi tempat yang tepat untuk menyajikan matematika dalam bentuk semi konkrit. Hasil yang diperoleh adalah melalui pelatihan membuat batik jumputan, siswa mengasah kreatifitas, belajar bekerja sama, dan mengenal jenis-jenis bangun datar.
References
Fadila, A. (2017). PENERAPAN GEOMETRI TRANSFORMASI PADA MOTIF BATIK LAMPUNG. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 365–370.
Estianti, R., Sherly Utami, W., & Jambi, U. (2024). PENGARUH KEGIATAN MEMBATIK JUMPUTAN TERHADAP KERCERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI KUALA TUNGKAL TANJUNG JABUNG BARAT. Seling, Jurnal Program Studi PGRA, 10(1 januari 2024).
Fauzi Rizqi, M., Matematika, P., & Negeri Surabaya, U. (2021). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MOTIF BATIK DI KAMPOENG BATIK JETIS SIDOARJO Agung Lukito. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2).
Marinda, L. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR.
Novrika, D., Putri, I. R. I., & Hartono, Y. (2016). DESAIN PEMBELAJARAN MATERI REFLEKSI MENGGUNAKAN MOTIF KAIN BATIK UNTUK SISWA KELAS VII. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 607–626. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Sandi, N. V. (2022). Analisis kreativitas siswa dalam teknik pembuatan Batik Jumputan di Sekolah Dasar Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 8(2), 220–239. https://doi.org/10.37729/jpse.v8i2.2556
Tawulo, O. S., & Anhusadar, L. (2022). Membatik Jumputan untuk Meningkatkan Motorik Halus pada Masa Pandemi Covid 19 Melalui Home Visit. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 37. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.13064
Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). TEORI BRUNNER PADA KONSEP BANGUN DATAR SEKOLAH DASAR. In Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Yanti, D., & Haji, S. (2019). Studi Tentang Konsep-Konsep Transformasi Geometri Pada Kain Besurek Bengkulu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 265. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1744
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indriati Nurul Hidayah, Joni Akhmad Yusuf, Linda Wahyu Apriliana, Mohamad Vijay, Nilna Umi Latifah, Risdha Putri Isnasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.